Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenaikan Harga BBM Untungkan Pengusaha

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal mengemukakan bila pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) maka secara langsung akan menguntungkan para pengusaha.

"Dari kenaikan harga BBM itu para pengusaha akan mendapatkan dua keuntungan dan buruh akan menjadi susah," katanya di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Saat ini para pengusaha hitam terus mendesak agar pemerintah baru menaikkan harga BBM sebesar Rp 3.000 per liter yang nantinya akan mengakibatkan daya beli buruh turun hingga 50 persen. Sedangkan, para pengusaha akan terus mendapatkan keuntungan atas kenaikkan itu. Ada dua keuntungan untuk pengusaha di antarannya dari pengurangan subsidi BBM tersebut mereka mendapatkan keuntungan infrastruktur. Keuntungan yang kedua profit pengusaha tidak berkurang karena mereka akan menaikkan harga barang.

"Akhirnya, buruh dan rakyat kecil juga yang menderita," ujarnya.

Menurut Iqbal, apabila kenaikan harga BBM terus dilakukan maka KSPI akan melakukan aksi pemanasan pada (17/9/2014) se-Jabotabek dan aksi pengerahan massa besar-besaran sebanyak 50 ribu buruh se-Indonesia pada (2/10/2014). Kemudian pihaknya akan melakukan aksi mogok nasional jilid III yang akan diikuti sekitar 2 juta buruh di 20 provinsi dan 150 kabupaten/kota pada akhir Oktober 2014.

Aksi itu untuk menolak kenaikan harga BBM dan meminta kepada pemerintah untuk menaikkan upah minimum 2015 sebesar 30 persen.

"Semoga pemerintah baru bisa lebih mengerti nasib para buruh dan kaum miskin dan lebih mengutamakan kepentingan rakyat kecil," ucapnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: