Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi: Swasembada Pangan dalam Tiga Tahun

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menargetkan bahwa dalam tiga tahun awal pemerintahannya dapat mencapai swasembada pangan.

"Target saya swasembada harus bisa kita laksanakan dalam kurang lebih tiga tahun," kata Jokowi saat menjadi pembicara pada seminar LIPI di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Untuk mencapai swasembada pangan tersebut, Jokowi menginginkan adanya kerja sama dengan lembaga-lembaga penelitian di dalam meningkatkan produksi pangan.

"Ini tugas dari lembaga-lembaga penelitian untuk mendapatkan varietas-varietas yang bisa menghasilkan benih-benih padi yang satu hektar bisa 10-12 ton sehingga jangan berpikiran harus mencetak sawah baru lagi. Cukup dengan sawah yang ada bisa menciptakan swasembada," urainya.

Jokowi menilai bahwa dari seluruh komoditas pangan yang ada, untuk beras dan gula akan menjadi fokus dan perhatian agar mencapai swasembada.

"Banyak sekali komoditas yang tidak produktif, kita jadikan produktif. Paling tidak, menurut saya, dalam tiga tahun ke depan beras dan gula harus bisa kita swasembada sendiri," jelasnya.

Setelah mencapai swasembada pada tahun ketiga maka pada tahun keempat mulai masuk pada hilirisasi produk-produk pertanian.

"Tahun keempat sudah harusnya mulai ada kelebihan dan mulai masuk pada hilirisasi produk-produk pertanian agar bisa dijadikan komoditas ekspor," tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: