Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wapres: Subsidi BBM Harusnya Tidak Ada

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Presiden Boediono menilai subsidi bahan bakar minyak (BBM) pada akhirnya tidak ada lagi, namun sebaiknya diberikan dalam bentuk uang atau barang kepada masyarakat kurang mampu agar bisa meningkat daya belinya.

"Subsidi ada untuk kelompok yang memerlukan subsidi, yakni masyarakat kurang mampu. Tetapi, caranya tidak harus BBM-nya yang disubsidi kepada semua orang. Bukan dengan membeli dengan harga BBM yang sama untuk semua golongan," kata Boediono di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Wapres mengatakan itu saat menjawab pertanyaan salah seorang peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) angkatan 51 dan angkatan 52 Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) RI yang dihadiri antara lain Gubernur Lemhannas RI Budi Susilo Soepandji serta Sekretaris Wapres Mohammad Oemar.

Menurut Boediono, subsidi yang baik adalah subsidi yang langsung dalam bentuk barang atau uang. Paling tepat, kata Wapres, konsumen kurang mampu harus dinaikkan kemampuan daya belinya dan bukan harga BBM ditekan menjadi rendah.

"Jadi, prinsipnya BBM harus dapat mendekati harga yang wajar di perekonomian dan tidak harus persis. Tidak boleh terlalu jauh seperti sekarang," kata Wapres.

Tetapi, Wapres mengingatkan penghapusan subsidi BBM harus berhati-hati.

"Proses mencapai hal itu harus seimbang jika tiba-tiba subsidi BBM dihilangkan jelas akan kacau. Semuanya harus bertahap terencana sesuai kemampuan menanggung beban," kata Wapres.

Boediono mengingatkan kembali jika ingin melakukan perubahan harus turut menjaga stabilitasnya.

"Suatu proses perubahan di negara dan bangsa manapun harus disertai dengan keseimbangan antara kecepatan perubahan dan kemampuan mempertahankan tatanan," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: