Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BEI Tidak Khawatir Kenaikan Suku Bunga The Fed

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku tidak khawatir dengan rencana bank sentral Amerika Serikat (The Fed) yang akan menaikan suku bunganya atau Fed rate.

"Kita (BEI) tidak perlu mengatasi apa-apa karena yang lebih banyak mempengaruhi pasar modal Indonesia adalah perekonomian Indonesia," ujar Direktur Utama BEI Ito Warsito di Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Menurut dia, Indonesia masih memiliki fundamental ekonomi yang positif sehingga potensi kinerja perusahaan tercatat atau emiten di BEI akan tetap positif. Selain itu, ia mengaku pihaknya tidak khawatir investor asing yang menempatkan dananya di pasar saham akan melakukan aksi lepas.

"Kalau investor yang melakukan investasi di pasar saham tidak akan kemana-mana. Mereka akan cari negara-negara yang punya potensi ekonomi dan laba emitennya baik dan itu ada di Indonesia," ucapnya.

Ito Warsito menambahkan bahwa di sepanjang tahun ini aliran dana asing yang masuk ke pasar saham domestik telah mencapai sekitar Rp 53,8 triliun.

"Itu tertinggi sepanjang sejarah pasar modal Indonesia. Jumlah itu bisa bertambah jika pemerintah mendatang dinilai positif oleh pasar," katanya.

Meski aliran dana asing masuk ke pasar saham cukup deras, Ito Warsito juga mengaku tidak khawatir terjadi penggelembungan (bubble) di pasar modal Indonesia dikarenakan kinerja emiten yang bagus.

"Bubble atau tidak tergantung dari kinerja emiten-emiten Indonesia. Maksudnya, kalau kinerja emiten rendah, tetapi di hargai tinggi itu bubble. Namun, sampai saat ini kinerja emiten Indonesia dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya seperti Thailand, Tiongkok, dan India, kita jauh lebih baik," tegasnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: