Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Astra Dukung Pemerintah Naikkan Harga BBM Bersubsidi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Astra International Tbk mendukung pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi agar ekonomi Indonesia terjaga.

"Sebab itu baik untuk Negara kita. Kami sambut gembira," ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) Prijono Sugiarto di Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Menurut dia, dalam kondisi Negara yang sehat dan perekonomian meningkat, maka masyarakat akan terkena imbasnya sehingga daya beli akan meningkat.

"Ketika daya beli meningkat maka masyarakat membeli kendaraan dengan kemampuan membeli bahan bakar tanpa disubsidi," katanya.

Prijono Sugiarto mengatakan bahwa konsumsi BBM bersubsidi belakangan ini menuai polemik karena membuat beban keuangan Negara meningkat sehingga terjadi defisit pada neraca berjalan.

Menurutnya, hal paling sederhana dilakukan untuk mengurangi beban Negara yakni dengan membolehkan BBM bersubsidi digunakan oleh angkutan umum atau sepeda motor saja.

"Dengan demikian maka negara hanya harus mensubsidi sekitar separuh dari total subsidi yang ada sekarang. Separuhnya lagi bisa 'save' (disimpan) atau dialihkan ke bentuk lain misalnya untuk membangun infrastruktur atau lainnya yang lebih bermanfaat," paparnya.

Sementara terkait dengan rencana konversi dari BBM ke bahan bakar gas (BBG), Prijono Sugiarto mengatakan bawha pemerintah harus mendorong pembangunan infrastrukturnya.

"Perlu ada kajian lebih dalam lagi jika ingin beralih ke BBG. Setelah ada keyakinan maka pabrikan bisa menyesuaikan. Tapi apakah jadi beralih ke BBG atau tidak, kita mendukung penuh pemerintah," ucapnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: