Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendag: Investasi Industri Otomotif Sangat Penting

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah ingin meningkatkan tidak hanya masuknya investasi industri otomotif dari luar negeri, tetapi juga mengharapkan peningkatan ekspor komoditas kendaraan dari produksi otomotif pabrik yang ada di Indonesia.

"Investasi industri otomotif sangat penting di Indonesia dan diharapkan akan lebih berkembang lagi," kata Menteri Perdagangan M Lutfi di Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Menurut dia, pertumbuhan investasi industri otomotif tentu saja juga akan menambah kontribusi pendapatan negara serta juga berdampak kepada hal lainnya seperti pembukaan lapangan pekerjaan. Ia juga menuturkan dirinya selaku Mendag bersama sejumlah jajarannya juga telah berkunjung ke sejumlah negara untuk mengajak perusahaan otomotif guna berinvestasi di Indonesia.

Namun, Mendag juga menyoroti bahwa meningkatnya pertumbuhan kendaraan juga mengakibatkan semakin macetnya arus lalu lintas di sejumlah kota besar di Tanah Air seperti Jakarta.

Untuk itu, ia mengutarakan harapannya agar industri otomotif yang memiliki pabrik di Indonesia juga tidak hanya meningkatkan penjualan dalam negeri, tetapi juga dapat meningkatkan ekspor.

"Dengan ekspor, Anda (produsen otomotif) juga membuat macet negara lain," selorohnya di hadapan peserta IIMS.

Mendag mengemukakan bahwa pada tahun 2014 Indonesia diperkirakan bakal mengekspor dari industri otomotif hingga bernilai sekitar 4,5 miliar dolar AS.

Sementara itu, Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Sudirman MR mengakui bahwa pertumbuhan penjualan kendaraan di Indonesia selalu mengalami pertumbuhan baik dalam hal produksi maupun jumlah penjualan yang dinilai naik cukup signifikan setiap tahun. Ia memaparkan produksi kendaraan pada tahun 2013 mencapai 1,2 juta unit dengan jumlah ekspor 170.958 unit dan pada tahun 2014 ini diharapkan total produksi dapat mencapai 1,4 juta unit.

Terkait dengan IIMS, Ketua Gaikindo berpendapat bahwa ajang terbesar otomotif tahunan di Indonesia itu juga menjadi barometer tren industri otomotif Indonesia di mata dunia. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: