Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

WIKA Incar Jalan Tol Trans-Kalimantan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) tengah melirik proyek pembangunan jalan tol trans Kalimantan, yakni tol Balikpapan-Samarinda, Kalimantan Timur, sepanjang 99,2 kilometer (km).

"Kami akan ikut tender jalan tol Balikpapan-Samarinda. Ada berapa paket. Kita ikut salah satu paket tahap pertama, kedua, ketiga. Tahap pertama kita ikut tender," kata Direktur Utama Wijaya Karya Bintang Perbowo dalam acara Investor Summit and Capital Market Expo 2014 di Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Menurut Bintang, pembangunan jalan tol sepanjang 99,2 km akan dibagi dalam lima paket. Hal ini dilakukan agar pembangunan jalan bebas hambatan tersebut cepat rampung.

"Dari kelima paket yang ada, kami harap dapat satu paket," imbuhnya.

Untuk membangun tol tersebut, investasi membutuhkan Rp 100 miliar per kilometer. Atas dasar itu, perseroan menaksir investasi yang akan dikeluarkan untuk pembangunan tol akan mencapai Rp 99 triliun. Untuk satu paket, perseroan memperkirakan membutuhkan dana Rp 1,8 triliun.

"Pembangunan tol akan memakan dana Rp 100 miliar per km. Saat ini masih proses tender. Kira-kira Rp 99 triliunlah tinggal dibagi lima," jelasnya.

Sedangkan, untuk dana investasinya berasal dari kas internal.

"Dananya, kami akan gunakan kas kami sendiri," ucapnya.

Sekedar informasi, jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol yang direncanakan akan menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Pada tanggal 12 Januari 2011 proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,12 km dimulai.

Proyek tersebut diresmikan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak. Peresmian ditandai dengan pemancangan batu pertama di kawasan Manggar, Balikpapan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: