Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPS: Kelancaran Distribusi Komoditas Pangan Tekan Dampak Kenaikan BBM

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat Suryamin menyatakan kelancaran distribusi komoditas pangan dalam menenuhi kebutuhan masyarakat di pasaran akan menekan pengaruh dari kenaikan harga bahan minyak (BBM).

"Kelancaran komoditas dan meningkatnya produksi pangan akan menekan pengaruh terhadap kenaikan BBM," katanya di Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Ia menjelaskan bahwa apabila ada komoditas pangan yang mengalami penurunan dan produksinya naik maka akan menekan pengaruh kenaikan satu komoditas yang menyumbang inflasi.

"Artinya, kenaikan BBM akan bisa ditekan dengan turunnya harga komoditas lain sehingga kenaikannya tidak terlalu tinggi" katanya.

Menurut dia, dengan adanya kelancaran penyaluran dan peningkatan produksi maka tidak akan berdampak besar akibat kenaikan harga bahan bakar minyak. Ia mengatakan pantauan yang dilakukan BPS dalam dua pekan terakhir terhadap 22 komoditas memiliki tren penurunan seperti gula pasir dan bawang merah.

"Kami yakin inflasi hingga akhir tahun tetap aman jika tidak ada kenaikan harga BBM," katanya.

Terkait kenaikan harga BBM, pemerintah dapat melakukan secara bertahap. Namun, pemerintah perlu melakukan pengawasan ketat terhadap pelaku usaha.

"Kenaikan bertahap memang bagus. Tetapi, yang perlu diawasi secara ketat adalah pelaku usaha agar tidak menaikkan harga berkali-kali," katanya.

Pemerintah juga menyiapkan program pengganti kepada masyarakat miskin akibat adanya kenaikan harga bahan bakar minyak. Ia mengatakan terkait persentase yang akan disumbang terhadap akan adanya kenaikan BBM, pihaknya akan menghitung dengan detail. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: