Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DEN: Tata Kelola Energi RI Belum Cerdas!

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Tumiran mengatakan bahwa akibat dari tata kelola energi yang belum memberikan nilai tambah ekonomi optimal membuat ekonomi Indonesia tertinggal.

"Indonesia tertinggal karena tata kelola energinya. Belum cerdas mengelolanya. Yang cerdas orang yang membeli sumber daya energi Indonesia diolah di negaranya dalam bentuk jadi dan kita beli dalam bentuk jadi. Akibatnya, kita defisit dan kita berutang," kata Tumiran dalam sambutannya pada Seminar Nasional Ikatan Perstatistikan Indonesia dalam rangka Hari Statistik Nasional 2014 di Swiss-Belhotel, Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Lebih lanjut, ia menjelaskan kondisi sektor energi Indonesia saat ini selain tata kelolanya yang belum optimal, dari sisi penggunaan energi di berbagai sektor masih belum juga efisien.

"Kita ekspor gas, batubara, sumber daya mineral. Itu belum sesuatu yang cerdas," tegasnya.

Selain itu, persoalan keterbatasan infrastruktur ikut menghambat proses distribusi energi dari sumber-sumber energi ke pengguna. Hal ini menyebabkan adanya kesenjangan di dalam penyediaan energi.

"Banyak daerah kita kurang pasokan listrik. Ini diakibatkan pembangunan infrastruktur jalan di tempat," tambahnya.

Dengan adanya pembangkit listrik, tegasnya, maka akan mendorong tumbuhnya industri yang menyerap tenaga kerja dan menghasilkan produk-produk yang memberi nilai tambah.

"Bila sumber daya energi tidak tersedia maka penciptaan lapangan kerja yang mendorong substitusi teknologi dan nilai tambah tidak akan terjadi," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: