Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menlu AS: Iran Punya Peran Penting Dalam Melawan Militan IS

Warta Ekonomi -

WE Online, Amerika Serikat - Iran yang merupakan musuh bebuyutan Washington memiliki peran dalam mematahkan militan Negara Islam (IS) yang telah menguasai sejumlah kawasan di Irak dan Suriah, kata Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei mengatakan pekan ini bahwa pemerintahnya telah menolak permintaan dari AS untuk kerja sama di medan tempur.

Para pejabat AS tidak membenarkan atau membantah membuat tawaran itu secara pribadi tetapi mereka tidak memandang Iran sebagai bagian dari koalisi yang mereka bangun untuk memerangi momok militan IS.

Kerry menyatakan Jumat bahwa dalam memerangi ancaman militan itu "ada peran bagi hampir tiap negara termasuk Iran." Hanya pekan lalu diplomat tinggi AS itu mengatakan tidak akan tepat mengundang Iran untuk menghadiri pertemuan-pertemuan yang berusaha membangun koalisi internasional dikarenakan "keterlibatan Iran di Suriah dan tempat lain." Iran secara aktif mendukung pemerintah Irak melawan militan IS dan membantu Suriah dalam pertempurannya baik melawan kelompok IS dan kelompok-kelompok pemberontak yang tak berafialiasi ke grup-grup lain.

Washington telah berjuang melawan aksi IS di Suriah, tempat para pemberontak bertempur menghadapi pasukan Presiden Bashar al-Assad.

Berbicara sebelum pertemuan 35 negara di Dewan Keamanan PBB dengan Kerry, Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araghchi, menekankan perlunya bekerja sama dengan pemerintah-pemerintah di kawasan itu.

"Untuk memerangi IS di Irak dan Suriah, kita harus kerja sama dengan pemerintah-pemerintah itu," kata dia.

"Strategi militer apapun, khususnya sebagaimana yang menjadi kecemasan Suriah, yang akan melemahkan pemerintah pusat negara itu pasti mengalami kegagal." Teheran adalah sekutu dekat Damaskus, dan Araghchi menyatakan Iran merupakan "satu-satunya negara di kawasan yang telah mendukung pemerintah Irak dalam perjuangannya melawan IS." "Iran bersedia membantu pemerintah Irak dan negara-negara lain di kawasan menghadapi ancaman IS," tambah dia dalam komentar-komentar yang diberitakan kantor berita Iran IRNA.

Ia kemudian mengatakan kepada media Iran di New York bahwa baik pemerintah Suriah dan Irak harus dibantu dengan langkah yang sepadan.

"Dalam memerangi terorisme, pemerintah Irak dan Suriah harus didukung dan tiap aksi militer terhadap kelompok teror harus berlangsung sesuai dengan huklum internasional dan Piagam PBB," kata Aragchi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: