Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DEN: Produksi Blok Cepu Wujudkan Target Lifting

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Anggota Dewan Energi Nasional Tumiran menyatakan produksi minyak mentah di Blok Cepu akan mampu mewujudkan target lifting 2015 sebanyak 900 ribu barel per hari.

"Mengoptimalkan produksi minyak mentah di Blok Cepu merupakan salah satu solusi untuk pencapaian target lifting," katanya di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan dengan mengoptimalkan produksi Blok Cepu akan mampu menyumbang sekitar 100 ribu barel per hari dengan produksi saat ini lebih dari 800 ribu barel per hari.

Langkah lain yang perlu ditempuh pemerintahan baru dalam meningkatkan produksi minyak mentah yakni dengan melakukan investigasi terhadap sumur-sumur tua peninggalan Belanda.

"Sumur-sumur tua yang ada saat ini perlu dilakukan kajian ulang apakah masih memiliki potensi atau tidak," katanya.

Menurut dia dengan adanya investigasi tersebut maka dapat dilakukan peningkatan produksi terhadap sumur-sumur yang masih memiliki cadangan.

"Ini tidak membutuhkan waktu yang lama dibanding dengan menunggu produksi dari sumur baru," katanya.

Ia menambahkan mencari sumur-sumur baru harus terus dilakukan, namun mengoptimalkan sumur-sumur minyak yang ada juga akan memberi dampak positif terhadap target produksi.

Tumiran juga meminta PT Pertamina untuk mengoptimalkan perannya dalam mengenjot produksi minyak mentah dalam negeri dalam upaya menekan angka impor di masa mendatang.

Sebelumnya Komisi VII DPR dan pemerintah telah menyepakati asumsi produksi minyak mentah dalam RAPBN 2015 sebesar 900.000 barel per hari atau lebih tinggi sebanyak 55.000 barel, dari draf usulan sebelumnya sebesar 845.000 barel per hari. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: