Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DEN: Optimalkan Sumber Energi Untuk Listrik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Tumiran menyatakan pemerintah perlu mengoptimalkan berbagai sumber energi di Tanah Air untuk menghasilkan daya listrik.

"Ketersediaan energi listrik yang memadai akan mampu mendongkrak perekonomian Indonesia," katanya di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan berbagai sumber daya alam yang terkandung di dalam perut bumi di Indonesia seperti gas, minyak bumi, batu bara dan energi terbarukan harus dioptimalkan untuk menghasilkan sumber energi listrik.

"Energi yang dihasilkan akan dipasok ke rumah-rumah, kantor dan menumbuhkan banyak industri-industri yang akan menampung tenaga kerja," katanya.

Tumiran menyebutkan potensi listrik di Indonesia masih 0,16 KW per kapita dengan total pembangkit 48 GW.

Menurut dia, apabila ingin menjadikan energi listrik sebagai tulang punggung perekonomian maka butuh energi listrik 0,6 sampai 1 KW per kapita.

"Artinya, kita butuh tambahan energi listrik minimal sekitar 120 GW," katanya.

Ia menjelas untuk menghasilkan energi tersebut membutuhkan waktu lima sampai sepuluh tahun dengan total biaya Rp180 triliun dengan harga untuk setiap 1 GW senilai Rp15 triliun.

Tumiran juga menambahkan untuk membangun pembangkit dan menghasilkan energi itu juga membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah.

"Dukungan dari pemerintah daerah itu seperti untuk pembebasan lahan dan regulasi agar dalam pelaksanaan berjalan sesuai target," katanya.

Pihaknya optimistis dengan ketersediaan energi yang memadaai akan mampu meningkatkan kesejahteraan di masa mendatang. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: