Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DKI Jakarta Tambah 40 Hektar Taman Kota

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk menambah 40 hektar lahan taman kota pada tahun 2015 untuk mempercepat pencapaian program ruang terbuka hijau di ibu kota itu.

"Kami telah mengusulkan 50 hektar untuk lahan taman kota seluas 40 hektar dan pemakaman 10 hektar dan mudah-mudahan usulan itu disetujui DPRD," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Nandar Sukandar di Jakarta, Senin (22/9/2014).

Ia menjelaskan pembangunan 40 hektar lahan taman kota tersebut akan dilakukan di Jakarta Barat seluas 10 hektar taman kota, Jakarta Timur 10 hektar, Jakarta Selatan 10 hektar, dan Jakarta Utara 10 hektar taman kota.

"Mudah-mudahan usulan ini terealisasi sehingga ke depannya DKI semakin indah, asri, sehat, dan dapat mengurangi polusi udara," ujarnya.

Ia mengatakan ruang terbuka hijau di DKI Jakarta terdiri dari taman, hutan, jalur hijau, hutan kota, dan sawah dengan rincian, taman kota sebanyak delapan bidang atau dengan luas 83,27 hektar; taman lingkungan sebanyak 1.170 bidang dengan luas 186,95 hektare; jalur hijau jalan sebanyak 1.170 titik dengan luas 186,95 hektar; dan tepian air sebanyak 144 titik seluas 50,83 hektar.

RTH hutan kota di DKI Jakarta terdapat 59 titik dengan luas 644,38 hektar dan sawah seluas 1.107,5 hektar yang terdiri dari sawah irigasi dan sawah tadah hujan.

"Kami terus berupaya agar setiap tahunnya ada penambahan ruang terbuka hijau ini dengan memperluas dan merawat tamanan di taman kota, jalur hijau, hutan kota, dan lainnya," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diharapkan masyarakat untuk menjaga dan memelihara tanaman yang sudah ada sehingga percepatan pencapaian ruang terbuka hijau ini dapat berjalan dengan baik. Selain itu, pihaknya juga mendorong pihak swasta untuk ikut melakukan penanaman berbagai tanaman di lingkungan usahanya.

"Ini merupakan tanggung jawab bersama untuk kepentingan bersama. Untuk itu, mari kita bersama-sama mewujudkan kota yang hijau sehingga masyarakat dapat menghirup udara yang menyehatkan," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: