Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Luncurkan Kawasan Komersial, Surya Internusa Investasikan Dana Rp 227 Miliar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) baru saja meluncurkan kawasan komersial Suryacipta Square Tahap I yang berlokasi di serambi Suryacipta City of Industry. Pembangunan kawasan komersial tahap I di atas lahan seluas 6,3 hektar (ha) tersebut menelan investasi sebesar Rp 227 miliar di luar harga tanah.

Sekretaris Perusahaan PT Surya Semesta Internusa Tbk Utari Sulistiowati mengatakan Suryacipta Square diharapkan menjadi business distric pertama di Karawang.

"Suryacipta Square Tahap I menyediakan berbagai fasilitas komersial yang terdiri dari business hotel Batiqa Hotel & Apartments Karawang, gedung perkantoran The Manor dan The Promenade, yaitu kompleks retail dan food plaza," katanya dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (22/9/2014).

Perseroan melalui entitas anak perusahaan, yaitu PT Suryacipta Swadaya, sebagai pengelola dan pengembang Kota Industri Suryacipta tersebut dan memiliki rencana akan melanjutkan pembangunan Suryacipta Tahap II serta akan membangun The Green Golf Driving Range, rumah sakit berstandar internasional, juga service apartment.

"Sehingga total area Suryacipta Square secara keseluruhan akan menjadi sembilan ha lebih dan diharapkan menjadi pusat bisnis terpadu di Karawang," jelasnya.

Menurut Utari, proyek Batiqa Hotel & Apartments Karawang ini terdiri dari 80 kamar kelas superior dan 57 unit apartemen.

"Setelah lima bulan beroperasi rata-rata tingkat hunian saat ini telah mencapai 50-60%. Business hotel ini merupakan hotel pertama dari jaringan Batiqa Hotels SSIA di Indonesia, sekitar lima hotel lagi akan diluncurkan pada tahun 2015," terangnya.

Utari melanjutkan nilai investasi yang ditanamkan oleh SSIA pada Batiqa Hotel & Apartments Karawang tersebut adalah sekitar Rp 105 miliar di luar harga tanah. Untuk gedung perkantoran The Manor yang berlantai delapan ini, tingkat huniannya telah mencapai 30% dari 7.700m² area sewa yang tersedia.

Kemudian kompleks ruko untuk retail dan restoran The Promenade yang seluas 3.736m² ini terdiri dari 37 unit ruko yang tesebar di tiga blok, yaitu Blok A, B, dan C. Tingkat hunian The Promenade sampai hari ini telah mencapai 49%.

"Total investasi yang terserap untuk pembangunan The Manor, Promenade di luar harga tanah adalah sekitar Rp 122 miliar," tambahnya.

Diharapkan, dengan hadirnya Suryacipta Square dapat menjadi pusat kegiatan bisnis di Karawang karena sangat prospektif dan dapat memenuhi kebutuhan para tenant di Kota Industri Suryacipta. Perseroan optimis bahwa dengan beroperasinya Suryacipta Square akan dapat meningkatkan recurring income pada tahun-tahun mendatang. Secara keseluruhan, tenant kota industri Suryacipta pada saat ini telah mencapai 136 perusahaan.

"Sekitar 98 pabrik di antaranya telah beroperasi dan menyusul delapan pabrik lagi akan beroperasi sampai dengan tahun 2015," tukasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: