Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin: Pemerintah Harus Prioritaskan BBM untuk Nelayan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan menyatakan akan mengawal kebijakan distribusi bahan bakar minyak (BBM), khususnya untuk solar bersubsidi yang diperuntukkan kepada nelayan.

"Pemerintahan yang baru harus memprioritaskan kepastian akan ketersediaan solar bersubsidi untuk nelayan dalam lima tahun ke depan," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto di Jakarta, Senin (22/9/2014).

Yudi mengatakan perlu adanya pengkajian yang lebih jauh tentang masalah ketidakkonsistenan BBM bersubsidi baik dari sisi regulasi atau dari format distribusinya.

"Kami ingin para pemangku kepentingan meninjau ulang hal ini, terutama terkait keberlangsungan operasional nelayan," katanya.

Ia berharap bahwa nantinya akan ada sistem yang baik, terjadwal, rutin, dan konsisten.

"Apa yang menghambat, kita lihat juga apakah dari sisi regulasinya ada yang perlu diubah atau justru dari masalah operasionalnya," tambahnya.

Yugi mengemukakan perlu adanya master list khusus yang bisa memonitor dan memastikan untuk keberlanjutan pasokan.

"Enam puluh persen biaya operasional nelayan itu untuk bahan bajar. Kita ingin agar pasokannya aman," terangnya.

Sebelumnya, Kadin mencatat sempat terjadi pengurangan solar bersubsidi hingga 20 persen dari kuota normal sehingga total distribusi hingga akhir tahun 2014 hanya mencapai sekitar 720.000 kiloliter dari asumsi sebelumnya sekitar 900.000 kiloliter. (Ant)

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: