Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP: Potensi Kelautan RI Belum Tergarap Optimal

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Sektor kelautan dan perikanan memiliki peranan penting dan berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia karena potensinya sangat besar. Namun sayang, potensi kelautan Indonesia yang baru bisa dieksplorasi saat ini hanya dari sisi perikanan, yaitu sebesar 20%.

Sementara itu, kegiatan-kegiatan laut lainnya seperti transportasi laut, pelayaran, wisata bahari, termasuk peningkatan sumber daya manusia belum sepenuhnya dioptimalkan.

"Jadi, saat ini pemerintah baru fokus pada perikanan tangkap. Hal-hal lainnya belum secara penuh. Untuk itu, peran atau campur tangan swasta sangat penting terkait dengan, misalnya, transportasi laut yang berhubungan dengan masalah konektivitas," kata Kepala Sektretariat Dewan Kelautan Indonesia Kementerian Kelautan dan Perikanan Asrul di Jakarta, Senin (22/9/2014).

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo mengatakan nilai potensi ekonomi kelautan ditaksir mencapai Rp 3.000 triliun per tahun di mana nilai aktivitas ekonomi pada tahun 2013 hanya berkisar Rp 291,8 triliun. Nilai tersebut mencerminkan bahwa potensi ekonomi kelautan Indonesia sebagai negara maritim belum termanfaatkan secara optimal.

Menurut Sharif, peluang ekonomi kelautan yang sangat potensial berasal dari mineral dasar laut yang saat ini tengah memasuki tahap eksplorasi awal. Selain itu, sektor transportasi laut memberikan peluang investasi yang sangat besar pada infrastruktur, pengiriman dan pembuatan kapal, pelabuhan, docking, dan kegiatan lainnya, seperti logistik dan perdagangan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: