Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IPB: Perbaikan Sistem Perikanan RI Kunci Raih PDB Tujuh Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menargetkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) perikanan sebesar 7% per tahun. Namun, target ini berpeluang tidak tercapai apabila tidak dilakukan perbaikan di dalam sistem perikanan dan kelautan Indonesia.

"Jadi, 7% akan menjadi realistis apabila sistem perikanan kita dorong secara lebih baik mulai dari sistem produksi, sistem prosesi, dan sistem pasar," kata akademisi dari Pusat Kajian Sumber Daya Pesisir dan Lautan Institut Pertanian Bogor (IPB) Yon Vitner dalam diskusi di Menara Kadin, Senin (22/9/2014).

Selain itu, Yon menilai harus ada peningkatan yang signifikan di dalam investasi sektor kelautan dan perikanan jika ingin mencapai pertumbuhan PDB perikanan sebesar 7% per tahun.

"Harus ada nilai tambah di situ. Kalau tidak, kita tidak akan mendapat tambahan pemasukan," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto menegaskan target 7% tersebut bahkan hanya batas minimum yang bisa diraih sektor tersebut. Menurutnya, potensi kelautan, khususnya perikanan Indonesia jauh lebih besar.

"Lebih baik rencana 7%, tapi realisasinya 8 persen. Lebih baik, kita pesimis tapi realisasinya melebihi target," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: