Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penerbitan Surat Utang Anak Usaha Mitra Pinasthika Mustika Kelebihan Permintaan Tujuh Kali

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) yang merupakan perusahaan konsumer otomotif ini melalui anak usahanya, MPM Global Pte Ltd, mengumumkan penerbitan surat utang senior (senior notes) bertenor lima tahun senilai US$ 200 juta. Dalam penerbitannya senior notes ini mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sampai dengan tujuh kali dengan nilai total pemesanan sebesar USD 1,4 miliar.

Surat utang ini memiliki kupon sebesar 6,75% dan jatuh tempo pada tahun 2019.  Surat utang ini mendapatkan rating BB- dengan outlook stabil dari lembaga pemeringkat Fitch dan B+ dari Standard & Poor. Dalam penerbitan surat utang senior ini Deutsche Bank Global AG Singapura berperan sebagai sole bookrunner dan lead manager.

Sebesar 86% dari surat utang MPMX dialokasikan kepada investor dari Asia, sementara investor Eropa dan investor offshore Amerika Serikat mendapatkan alokasi 14%. Sindikasi investor terdiri dari para fund manager global dengan alokasi sebesar 93% dan investor retail sebesar 7%.

"Kami sangat gembira dan bersyukur bahwa penerbitan obligasi global pertama MPMX pendapatkan respons yang luar biasa dari komunitas investor dunia. Suksesnya penerbitan obligasi ini mencerminkan tingkat kepercayaan investor yang tinggi kepada kekuatan perseroan dalam mendapatkan pinjaman, fundamental operasional yang kuat, serta keyakinan terhadap kemampuan manajemen dalam mengesekusi rencana pertumbuhan bisnis," kata Presiden Direktur MPMX Koji Shima dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (22/9/2014).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan MPMX Troy Parwata menjelaskan bahwa kurang lebih 90% dari dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk membayar pinjaman bank, sementara sisanya akan digunakan untuk memperkuat biaya modal.

"Total biaya diharapkan dapat membiayai seluruh funding cost MPMX Group yang akan berdampak positif kepada pendapatan dan arus kas perseroan beserta anak usahanya," ungkapnya.

Tercatat, selama semester I-2014 MPMX mencatat pendapatan sebesar Rp 7,8 triliun atau naik 16% dari Rp 6,7 triliun di tahun 2013. Sementara itu, laba bersih perseroan meningkat 14% dari Rp 248,3 miliar menjadi Rp 283,9 miliar.

Saham MPMX tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp 4,6 triliun per 16 September 2014.p

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: