Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkominfo: Internet Indonesia Bisa Tercepat di Asia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengatakan internet di Indonesia bisa menjadi yang tercepat di Asia Pasifik mengingat persentase kenaikan kecepatannya tercatat paling tinggi di kawasan itu.

"Internet Indonesia punya prosentase kenaikan kecepatan tertinggi di Asia Pasifik," kata Tifatul Sembiring di Jakarta, Senin (22/9/2014).

Pihaknya mengakui bahwa sampai saat ini kecepatan rata-rata internet di Indonesia baru mencapai 2,4 Mbps. Akan tetapi, kenaikannya mencatatkan persentase peningkatan tertinggi dari sejumlah negara Asia Pasifik. Tercatat, kecepatan internet di Tanah Air naik 46 persen ketimbang kuartal sebelumnya.

"Apalagi, laporan AKAMAI 2014 menyebutkan pertumbuhan broadband tertinggi 262 persen," katanya.

Ia menambahkan rekor kecepatan tertinggi Indonesia berada di posisi 10 dari 14 negara di Asia Pasifik sebagaimana yang dipantau Akamai.

"Angkanya mencapai 19,4 Mbps. Adapun, Korea Selatan mencapai 68,5 Mbps," katanya.

Selain itu, pertumbuhan tingkat adopsi koneksi broadband di atas 10 Mbps di Indonesia juga tertinggi yang mencapai 262 persen dibanding kuartal sebelumnya. Bahkan, kata dia, Akamai memprediksikan adopsi broadband di Indonesia akan segera mencapai dua digit.

Sementara dari sisi ICT Development Index (IDI) atau angka pembangunan TIK Indonesia, menurut ITU, juga terus membaik.

"Pada tahun 2002 Indonesia berada di peringkat 109 dunia, pada tahun 2008 naik menjadi peringkat 107, pada tahun 2010 menjadi peringkat 101, dan pada tahun 2012 menjadi peringkat 97 dari 157 negara," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: