Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Boediono: Penegakan Hukum Kunci Atasi Kebakaran Hutan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Persoalan kabut asap dari kebakaran hutan kembali mengemuka. Sudah beberapa pekan ini kota-kota di Sumatera dan Kalimantan diliputi kabut asap dari kebakaran hutan. Pemerintah pun segera mengambil sikap dengan menggelar rapat penanggulangan kebakaran hutan yang dipimpin Wakil Presiden Boediono dan bertempat di Griya Agung, Palembang, Selasa (23/9/2014).

Boediono mengatakan bahwa dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan, pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) harus lebih mengutamakan pencegahan dan langsung bertindak sebelum api membesar.

"Ini cara penanganan yang lebih efektif," katanya.

Wapres juga meminta agar langkah-langkah preventif dan penegakan hukum terus dilakukan dalam rangka upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan secara lebih luas.

"Penegakan hukum adalah kunci. Ini adalah awal dari akibat-akibat yang kita tidak inginkan," ujarnya.

Selain penegakan hukum, berdasarkan pengalaman selama ini Boediono meminta penyemaian hujan buatan terus digalakkan. Maklum, pada umumnya lahan yang terbakar adalah lahan gambut dan lahan gambut yang terbakar hanya bisa dipadamkan jika ada hujan yang cukup lebat.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: