Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bali Raup Devisa Satu Juta Dolar AS dari Ekspor Rumah Jadi

Warta Ekonomi -

WE Online, Denpasar - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Bali mencatat perolehan devisa perdagangan ekspor rumah jadi rancangan gaya khas Bali melonjak drastis hingga mampu menembus angka 1,1 juta dolar AS selama tujuh bulan periode Januari-Juli 2014.

"Realisasi perdagangan rumah jadi gaya Pulau Dewata itu mulai pertengahan tahun sebagai persiapan menyambut perayaan Natal dan melepas tahun 2014," kata Made Suamba, petugas pemasaran sebuah usaha ekspor rumah jadi di Denpasar, Rabu (24/9/2014).

Ia mengatakan bahwa selain untuk ekspor rumah jadi dengan berbagai tipe juga banyak diperdagangkan di dalam negeri, bahkan kepada pengusaha hotel setempat untuk melengkapi kawasan penginapan yang dimilikinya sebagai daya tarik turis asing.

Usaha ekspor rumah jadi yang pertama di Bali ini memproduksi rekayasa dan pabrik rumah dalam skala besar memulai dari gaya Bali, yakni jenis vila, bungalow, dan cottage, yang cocok sebagai tempat istirahat yang unik dan sulit dijumpai di luar negeri.

Banyak minat konsumen luar negeri akan rumah knock down sehingga banyak tumbuh usaha industri kecil yang memproduksi rumah tipe kecil dan menengah untuk mata dagangan ekspor di samping memenuhi permintaan konsumen dalam negeri.

Pengusaha Bali dalam kurun waktu tujuh bulan I-2014 sudah mampu mengapalkan komponen rumah jadi sebanyak 10.000 pcs bernilai 1,1 juta dolar AS bertambah hingga 2.229 persen dalam perolehan devisanya dari periode yang sama 2013 hanya 50.007 dolar.

Perdagangan rumah jadi yang mudah dibongkar pasang kembali setelah tiba di negeri konsumen diharapkan periode akhir tahun menjelang perayaan Natal 2014 dan tahun baru 2015 akan lebih banyak lagi ke negeri konsumen. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: