Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Legislator: Petugas Penarik Pajak Perlu Penyegaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Anggota DPRD Kota Bandung dari Fraksi Demokrat Aan Andi Permana mengatakan para petugas penarik pajak dan retribusi di Kota Bandung perlu dilakukan penyegaran agar bisa meningkatkan kinerja.

"Potensi pendapatan asli daerah dari pajak dan retribusi di Kota Bandung cukup besar, namun saat ini baru tergali separuhnya saja sehingga petugas penarik pajak dan retribusi di lapangan perlu upgrade," kata Aan Andi Permana di Bandung, Selasa (30/9/2014).

Menurut dia, dari sisi payung hukum untuk optimalisasi pendapatan daerah dari pajak dan retribusi sudah cukup dan tinggal aplikasi di lapangan yang perlu ada penyegaran. Ia mengkritisi ada pejabat dan petugas penagih pajak dan retribusi yang sudah belasan hingga dua puluhan tahun di posisi itu dengan kinerja datar.

"Bila ada petugas di lapangan yang sudah belasan bahkan dua puluh tahunan bertugas menarik pajak itu, tak terbayangkan sudah seberapa dekat mereka dengan objek pajak dan itu sangat potensi sekali adanya kebocoran pajak," kata Andi.

Andi menyebutkan Pemkot Bandung perlu melakukan penyegaran bagi para petugas dan ujung tombak penghimpunan PAD, yakni pajak dan retribusi sehingga bisa memaksimalkan sektor itu. Ia juga mengkritisi adanya pejabat seperti lurah dan camat yang sudah berada di posisi itu lebih dari lima tahun sehingga menurut dia tidak positif dari sisi peningkatan kinerja.

"Terlalu lama di satu jabatan dan posisi itu kurang bagus. Perlu ada penyegaran sehingga potensi mereka terus berkembang," katanya.

Sementara itu, Pemkot Bandung menargetkan perolehan pajak pada tahun 2014 senilai Rp 1,4 triliun. Sebagian besar pajak di Kota Kembang dari sektor pariwisata, perhotelan, dan restoran.

"Pajak dari sektor pariwisata, khususnya perhotelan dan restoran masih bisa ditingkatkan lagi. Edukasi dan penyadaran wajib pajak masih perlu terus ditingkatkan," pungkas Aan. (Ant)

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: