Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bali Siapkan Gerbangsadu untuk Hadapi MEA

Warta Ekonomi -

WE Online, Denpasar - Pemerintah Provinsi Bali menyiapkan Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbangsadu) sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing masyarakat dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

"Gerbangsadu disiapkan agar masyarakat memiliki jiwa kewirausahaan dan pemberdayaan masyarakat," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali Ni Wayan Kusumawathi di Denpasar, Selasa (30/9/2014).

Ia menjelaskan bahwa bagian dari Program Bali Mandara (Maju, Aman, Damai, dan Sejahtera) itu diharapkan dapat meningkatkan ketahanan masyarakat kecil yang memiliki jiwa wirausaha di Pulau Dewata, utamanya di tingkat desa. Gerbangsadu memberikan Rp 1 miliar kepada desa dengan angka kemiskinan di atas 35 persen ditambah Rp 20 juta yang digunakan untuk administrasi.

Ia menjelaskan bahwa dana Rp 1 miliar itu digunakan 20 persen di antaranya untuk pembangunan fisik, sedangkan 80 persen lagi untuk dikelola di badan usaha milik desa (BUMD). Dana tersebut, kata dia, diharapkan dikelola oleh masyarakat di desa sekaligus untuk pelatihan kewirausahaan.

"Gerbangsadu merupakan kebijakan ekonomi dalam persiapan memasuki MEA di samping program peningkatan pelayanan publik, mengembangkan industri kecil dan menengah, serta menguatkan ketahanan pangan melalui Simantri (Sistem Pertanian Terintegrasi)," ujarnya.

Seperti diketahui, sebagian besar industri kecil dan menengah itu didirikan oleh pengusaha kecil di desa yang bergerak di industri kerajinan kecil. Di sisi lain, ekspor kerajinan dari Bali selama lima tahun terakhir ke negara-negara ASEAN rata-rata mencapai 11,35 persen per tahun.

Tahun 2009 tercatat sebesar 10,6 juta dolar Amerika Serikat dan naik pada tahun 2013 sebesar 16,1 juta dolar Amerika Serikat. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: