Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

JIEF: Isu Bebas Visa ke Jepang Tidak Benar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Koordinator Forum Ekonomi Jepang Indonesia (JIEF) Richard Susilo menyatakan masalah pembebasan visa Jepang untuk pemegang paspor Indonesia adalah tidak benar.

"Sampai dengan akhir tahun ini yang kami tahu tidak ada pembebasan visa Jepang bagi warga negara Indonesia di mana pun berada," ujar Richard dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Menurut Richard, hal yang benar adalah relaksasi visa bagi Warga Negara Indonesia. Itu pun hanya terkait e-passpor saja, sedangkan paspor masyarakat umum biasa tidak berlaku. Ia menjelaskan e-passpor adalah paspor khusus yang memiliki IC Chip di dalamnya sehingga data si pemilik terekam ada di dalam passpor dan dapat dengan mudah oleh mesin elektronik di imigrasi mana pun yang telah menerima penggunaan e-passpor.

"Untuk mendapatkan e-passpor harus dilakukan pengurusan, khusus hanya di empat kantor imigrasi di Indonesia. Salah satunya di Kantor Imigrasi yang ada di Jalan HR Rasuna Said Jakarta Pusat," tambah Richard.

Setelah e-passpor dimiliki, itu pun harus didaftarkan di kedutaan besar atau konsulat jenderal besar Jepang di Indonesia. Setelah mereka setuju, barulah e-passpor bisa digunakan untuk masuk ke luar Jepang dengan bebas.

"Itu pun ada jangka waktunya dan maksimum. Apabila melakukan aplikasi multiple visa maka bisa bebas masuk ke luar selama 30 hari saja maksimum. Itu pun hanya untuk menjadi wisatawan saja, bukan untuk maksud dan tujuan lain," ujar RIchard.

Ia menjelaskan perkirakan visa bebas yang sebenarnya bagi warga Indonesia kemungkinan terjadi sekitar Juni atau Juli tahun 2015.

"Jadi, masih membutuhkan waktu sedikitnya setengah tahun lagi untuk visa bebas ke Jepang seperti yang kita alami kalau bepergian ke Singapura atau ke Malaysia," kata Richard. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: