Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina Akuisisi Blok Migas di Malaysia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Pertamina (Persero) sedang dalam proses penyelesaian transaksi pembelian 30 persen aset perusahaan migas asal AS, Murphy Sabah Oil Co Ltd, yang beroperasi di offshore Malaysia.

"Kami sedang dalam proses menyelesaikan akuisisi aset Murphy yang ada di Sabah dan Serawak," kata VP Corporate Communication Ali Mundakir usai menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Pertamina di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Menurut Ali, akuisisi tersebut diharapkan tuntas pada kuartal I 2015.

"Closing penandatanganan ditargetkan dapat dilakukan pada kuartal I tahun depan. Mundur, namun itu merupakan hal yang normal dalam kontrak migas," ujarnya.

Menurut catatan, Pertamina akan masuk melalui anak usahanya PT Pertamina Malaysia Eksplorasi Produksi untuk membeli 30 persen saham anak usaha Murphy Oil, yakni Murphy Sabah Oil Co, Ltd dan Murphy Sarawak Oil Co, Ltd. Nilai-nilai transaksi yang disepakati kedua pihak antara Pertamina dan Murphy sebesar dua miliar dolar AS atau setara dengan sekitar Rp 240 triliun.

Meski begitu, Ali tidak merinci lebih lanjut detail akuisisi yang dimaksud dengan alasan masih dalam proses penyelesaian. Ia hanya menjelaskan pembelian aset tersebut dilakukan demi meningkatkan tambahan produksi minyak Pertamina. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: