Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Tunjuk BCA sebagai Agen Penjualan ORI Seri 011

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali dipercaya untuk turut mendukung penjualan obligasi negara ritel (ORI) seri ORI011. Obligasi negara ritel ini mengambil tema yang sama dengan saving bonds ritel (SBR) 001 mengenai lingkungan hidup, yaitu Selamatkan Air Bumi.

Peluncuran ORI011 dilakukan langsung oleh Menteri Keuangan Chatib Basri yang selanjutnya melakukan pembuatan lubang resapan biopori sebagai hasil dari SBR 001 yang telah lebih dulu diterbitkan pada Mei 2014. Pembuatan lubang resapan biopori ini sebagai perwujudan dari tema lingkungan untuk menyelamatkan air bumi.

Peluncuran ORI011 dan pembuatan lubang resapan biopori dilakukan di Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat, yang juga dihadiri oleh Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati, para pejabat Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, serta perwakilan dari 18 Bank dan tiga Sekuritas yang dipercaya menjadi agen penjualan ORI011.

Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati mengatakan penunjukan BCA sebagai agen penjualan ORI011 merupakan kebanggaan karena BCA dapat turut berpartisipasi untuk mendukung program nasional pemerintah.

"Penunjukan ini juga sejalan dengan visi dan misi BCA sebagai bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan serta sebagai pilar penting perekonomian Indonesia. Di sisi lain BCA secara konsisten memahami beragam kebutuhan nasabah, termasuk kebutuhan investasi melalui ORI dan sekaligus turut berperan serta bagi kegiatan perekonomian negara," katanya dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Masa penawaran ORI 011 yang diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia akan berlangsung mulai 1 sampai dengan 16 Oktober 2014. Nilai nominal per unit Rp 1.000.000 dengan minimum pemesanan Rp 5.000.000 dan kelipatannya. Untuk nilai maksimum pemesanan, ditetapkan sebesar Rp 3.000.000.000 bagi setiap investor yang merupakan warga negara Indonesia dan dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP).

Jangka waktu jatuh tempo ORI 011 adalah selama tiga tahun sejak tanggal pencatatan di bursa pada tanggal 23 Oktober 2014 sampai dengan tanggal jatuh tempo pada 15 Oktober 2017. Kupon ORI seri 007 sebesar 8,5 % per tahun yang dibayarkan setiap bulan.

"BCA akan melayani para investor yang ingin berinvestasi pada ORI 011. Investor kami persilahkan datang ke counter BCA dan mengisi formulir pemesanan ORI dengan melampirkan kartu identitas penduduk. Lalu membuka rekening efek di BCA dan menyetorkan dana sesuai dengan pembelian pada rekening ORI-BCA," jelasnya.

Terkait dengan tema lingkungan Selamatkan Air Bumi, Inge menjelaskan pihaknya amat bersemangat dapat turut serta mendukung gerakan Selamatkan Air Bumi mengingat air amatlah penting bagi kehidupan.

"Pembuatan lubang resapan biopori ini akan dapat memperluas bidang penyerapan air, menjadi solusi bagi limbah organik, meningkatkan kesehatan tanah, dan juga mengatasi genangan air karena mampu meningkatkan daya resap air. Upaya melestarikan lingkungan ini patut mendapat dukungan kita semua," tegasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: