Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ajang Pameran Perdagangan TEI 2014 Kembali Digelar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ajang pameran perdagangan terbesar di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) kembali digelar. Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan akan menggelar ajang internasional ini pada tanggal 8-12 Oktober 2014 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta.

Menteri Perdagangan M lutfi mengatakan TEI merupakan ajang promosi tahunan berskala internasional dengan menampilkan produk dan jasa Indonesia terbaik yang berorientasi kepada ekspor.

"Untuk tahun ini, pelaksanaan yang ke-29 mengusung Towards Green Business yang lebih mengedepankan produk-produk Indonesia yang ramah lingkungan. TEI 2014 ini juga digelar di area cukup luas sekitar empat hektar dan hampir 98% sudah akan dipenuhi para exhibitors," kata Lutfi dalam konferensi pers yang digelar di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Lebih lanjut, Lutfi menjelaskan produk-produk yang akan ditampilkan dalam TEI 2014 juga meliputi produk ekspor utama Indonesia seperti CPO, tekstil dan produk tekstil, elektronik, karet dan produk karet, produk kayu, hingga otomotif. Sedangkan, produk ekspor prospektif terdiri dari alas kaki, perhiasan, ikan, kopi, kakao, dan rempah-rempah. Selain itu, ditampilkan produk ekspor nonmigas lainnya.

"Akan tampil juga produk-produk Indonesia yang merupakan kebanggaan bangsa Indonesia seperti produk merek lokal yang sudah mendunia antara lain pesawat terbang, alat pertahanan, sarana komunikasi, vaksin, hingga produk kreatif. Produk-produk tersebut akan tampil pada The Pride of Indonesia," jelasnya.

Untuk mendorong transaksi di TEI 2014, Kemendag telah bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri melalui perwakilan di luar negeri untuk mempromosikan TEI ke dunia usaha dari berbagai negara.

"Sampai dengan 1 Oktober 2014 telah terdaftar lebih dari 11.825 buyers dengan potensial dari 97 negara antara lain Nigeria, India, Malaysia, Saudi Arabia, dan Bangladesh," tambahnya.

Oleh karena itu, Kemendag berharap bahwa dari penyelenggaran TEI 2014 dapat menggenjot peningkatan ekspor nasional yang berkualitas dan berdaya saing.

"Juga mendukung Indonesia sebagai salah satu basis produksi di kawasan dan ekspor di kawasan Asia Pasifik," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: