Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat MicroB, Rakuten Belanja Online Dorong Bisnis Mikro

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Rakuten, salah satu marketplace e-commerce terbesar di dunia dan pemilik marketplace lokal Rakuten Belanja Online (RBO), Kamis (2/10), meluncurkan program MicroB, inisiatif baru yang didesain untuk membantu bisnis mikro di Indonesia agar dengan mudah dapat bergabung dengan marketplace RBO, menjangkau basis pelanggan yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan.

“Program MicroB menunjukkan komitmen lebih lanjut kami untuk membantu meningkatkan ekonomi Indonesia dengan memberdayakan bisnis mikro,” kata Yasunobu Hashimoto, Direktur Rakuten Belanja Online, lewat keterangan tertulisnya pada redaksi Warta Ekonomi.

Yasunobu mengatakan hingga saat ini segmen bisnis terbesar di negara ini masih kekurangan dana untuk beralih dari offline ke online. Dengan membebaskan biaya untuk bergabung dan menjual produknya di marketplace RBO, program MicroB ini akan membantu mereka untuk menjual produknya hingga ke luar kios atau rumah mereka dan menjangkau ke pelanggan di seluruh Indonesia.

Melalui program MicroB ini, pemilik usaha individual terpercaya dan bukan berbentuk perusahaan yang menawarkan produk-produk berkualitas, akan mendapatkan beragam manfaat seperti didukung oleh Rakuten’s Merchant System (RMS), mendapatkan 100MB ruang penyimpanan, kuota jaringan gratis, kemampuan untuk mengupload maksimal 100 produk dalam jangka waktu 6 bulan serta keuntungan tambahan berupa penawaran Rakuten Super Points untuk pelanggannya.

“Hobi saya adalah mengoleksi produk-produk unik dan inovatif dari seluruh dunia. Seiring waktu hobi ini berkembang menjadi bisnis. Kadounik.com kini menjadi situs web yang dikenal sebagai tempat orang mencari item-item unik yang sulit ditemukan. Sejak bergabung dengan RBO sebagai merchant usaha kecil Maret 2011, kami telah mengembangkan basis pelanggan dan menumbuhkan bisnis kami. Program MicroB adalah kesempatan yang baik bagi pemilik bisnis individual untuk memasuki pasar e-commerce dengan mudah dan dukungan sistem e-commerce Rakuten yang bisa diandalkan,” kata Suryanto, pemilik dari kadounik.com.

Pada kesempatan yang sama, Pemerhati UMKM dan motivator Saptuari Sugiharto, mengatakan kehadiran RBO (Rakuten Belanja Online) di Indonesia sangat menarik. "saya selaku pemilik bisnis online punya kesempatan bekerja sama dan memasarkan produk saya disini. Dengan pasar Indonesia yang sangat besar, RBO ini akan menjadi lahan manis bulat pelaku bisnis UKM untuk segera aktif berjualan di e-commerce," tambahnya.

MicroB adalah kelanjutan dari RBO SME Outreach Program yang telah membantu merchant di Bandung, Surabaya, Jogjakarta dan Medan untuk memulai bisnis online mereka dan menawarkan produk-produk lokal unik mereka ke basis pelanggan yang lebih luas. Sejak diluncurkan September 2013, RBO SME Outreach Program telah membantu memperluas basis pelanggan RBO dari 90% di Jakarta, ke 70% dari Jakarta dan wilayah lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bisnis-bisnis mikro bisa bergabung dengan program ini hanya dengan mengisi formulir registrasi MicroB di situs RBO. Setelah melakukan registrasi mereka akan melewati proses seleksi yang meliputi verifikasi data merchant dan produk yang ditawarkan untuk memastikan bahwa bisnis- tersebut terpercaya dan menjual hanya produk asli. Proses ini memakan waktu hingga 10 hari kerja.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: