Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tim Nuklir PBB Akan Kunjungi Iran Pekan Depan

Warta Ekonomi -

WE Online, Iran - Satu tim pengawas atom Perserikatan Bangsa Bangsa akan mengunjungi Teheran pekan depan, kata media pemerintah Jumat, di tengah peringatan Amerika Serikat bahwa penyelesaian penyelidikan atas penelitian terdahulu Iran sangat penting untuk kesepakatan nuklir.

Delegasi Badan Energi Atom Internasional (IAEA) akan mengadakan pembicaraan tentang "isu-isu yang beredar" dalam penyelidikan, yang Duta Besar Iran untuk pengawas yang bermarkas di Wina katakan kepada kantor berita resmi IRNA.

IAEA secara teratur memeriksa fasilitas nuklir Iran, tetapi juga ingin Iran menanggapi tuduhan bahwa program di masa lalu "mungkin berdimensi militer" - dengan kata lain bahwa bagaimana penelitian membangun bom.

Setelah bertahun-tahun Teheran bersikeras bahwa itu sudah ditangani dengan semua kecurigaan IAEA, kemajuan mulai dibuat pada Februari.

Iran memberikan pengawas penjelasan mengenai satu dari 12 masalah yang beredar, dan Mei berjanji informasi ditambah dua lagi.

Namun itu tidak terjawab dalam tenggat waktu yang berakhir Agustus dan awal September untuk melakukan investigasi ke depan.

Hal itu mendorong Washington untuk menyuarakan keresahan mengenai laju kemajuan saat jam berpindah ke batas waktu 24 November untuk kesepakatan nuklir komprehensif antara Iran dan negara-negara besar.

"Kekhawatiran tentang dimensi militer kemungkinan program nuklir Iran harus ditangani sebagai bagian dari kesepakatan menyerluruh, kata perwakilan AS di IAEA, Lara Kennedy.

Sebagian besar anggota DPR AS menulis surat kepada Menteri Luar Negeri John Kerry pada Kamis menuduh Iran "menolak" untuk bekerja dengan pengawasan atom PBB.

"Satu-satunya kesimpulan yang masuk akal untuk kediaman seribu basa para peneliti internasional adalah bahwa Teheran memang memiliki banyak hal yang disembunyikan," kata dugaan anggota parlemen AS. Iran menegaskan program nuklirnya sepenuhnya untuk kepentingan damai. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: