Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP Jadikan Bekasi Pangsa Pasar Konsumsi Ikan

Warta Ekonomi -

WE Online, Bekasi - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sharif Cicip Sutardjo menjadikan masyarakat di Kota Bekasi, Jawa Barat, sebagai pangsa pasar konsumsi ikan.

"Saya berharap Kota Bekasi bisa menjadi pasar bagi produk-produk perikanan di Indonesia," katanya usai menyerahkan seekor sapi kurban kepada Dewan Kemakmuran Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi, Minggu (5/10/2014).

Menurut dia, usulan itu akan direalisasikan pihaknya melalui pencanangan program Gemar Makan Ikan (Gemarikan) di Kota Bekasi.

"Di Kota Bekasi kan tidak ada laut dan tanahnya hanya 21 ribu hektare. Untuk kegiatan budidaya pun sudah habis dengan segala bentuk pembangunan yang ada di sini. Untuk itu kita canangkan program Gemarikan di Kota Bekasi," katanya.

Menurut dia, tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih relatif rendah, meskipun setiap tahun terus meningkat.

Data melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebutkan tingkat konsumsi ikan nasional setiap tahun rata-rata sebesar 31,64 Kg per kapita per tahun.

Jumlah itu masih relatif lebih kecil dibandingkan dengan Malaysia yang mencapai 45 Kg per kapita per tahun.

Oleh sebab itu, Kementerian Perikanan akan terus memacu pasar domestik sehingga produksi perikanan tangkap maupun budidaya dapat terserap.

Dikatakan Sharif, dengan adanya Gemarikan diharapkan Kota Bekasi bisa menjadi pasar bagi produk perikanan yang ada di Indonesia.

"Jadi bukan produksinya yang diutamakan di Kota Bekasi, tetapi pasarnya," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: