Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hari Habitat, SBY: Banyak Yang Peduli Lingkungan Sebatas Ada Lomba

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah, menurut Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono,  telah memiliki cara yang  sistematis, berkelanjutan, bertahap upaya mengentaskan pemukiman kumuh menjadi lebih sehat dan lebih baik melalui program-program prorakyat untuk mengentaskan kemiskinan, termasuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan lingkungan yang lebih baik. Ada pula Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. "Itu cara kita untuk secara sistemis, berkelanjutan, bertahap mengentaskan pemukiman kumuh menjadi lebih sehat dan lebih baik," kata Presiden SBY pada acara audiensi peringatan Hari Habitat Dunia 2014 di Istana Negara, Jumat (3/10).

Namun tambah SBY, Kepedulian kita terhadap habitat perlu ditingkatkan. Pasalnya  ada pejabat daerah yang sangat peduli, namun ada pula yang kurang peduli pada lingkungan. " Mereka baru peduli lingkungan ketika ada lomba, Penghargaan Adipura misalnya. Kalau tidak ada lomba kembali business as usual. Mestinya tidak boleh begitu," ujar SBY

"Setiap orang tentulah menginginkan kehidupan yang baik dan sejahtera lahir batin, memiliki tempat tinggal yang layak dan berada di lingkungan yang sehat. Orang seorang dan keluarga juga mendapatkan kualitas pelayanan kesehatan dan sejumlah aspek  yang baik yang akhirnya dapat disimpulkan bahwa manusia atau masyarakat itu hidup baik dan dalam lingkungan yang baik," papar SBY.

SBY menjelaskan, secara konservatif 1 dari 7 manusia di muka bumi belum hidup sejahtera dan belum berada dalam lingkungan baik. Di Indonesia sendiri, pada tahun 2000, statistik menunjukan kehidupan dalam tingkat yang belum baik dalam kesejahteraan dan kondisi lingkungan. Satu dari lima warga belum tinggal dalam kesejahteraan dan lingkungan tidak baik. "Kita terus membangun dan angka tahun 2013 sudah berubah. Sekarang satu dari delapan penduduk Indonesia yang belum hidup sejahtera dan dalam lingkungan yang baik.

PBB menetapkan Hari Habitat Dunia jatuh pada Senin pertama di bulan Oktober. Atau tahun ini jatauh pada tanggal 6 Oktober . Tema Hari Habitat Dunia 2014 yang ditetapkan oleh UN Habitat, adalah aspirasi dari pemukiman. Menurut Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, tujuan dari agenda Hari Habitat Dunia adalah sebagai momentum untuk membahas kondisi permukiman dunia dan penghargaan atas hunian layak bagi warga serta mengingatkan para pemangku kepentingan akan tanggung jawab bersama atas kehidupan hunian yang lebih baik.

Pada kesempatan itu pula  Djoko Kirmanto menyerahkan Buku Laporan Nasional Untuk Agenda Habitat III yang disusun dalam rangka menyiapkan Konferensi Habitat III tahun 2016  kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: