Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kepala Bappenas Ditunjuk Jadi Plt Menakertrans

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menetapkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Salsiah Alisjahbana sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi menggantikan Muhaimin Iskandar yang mundur karena menjadi anggota DPR terpilih periode 2014-2019.

"Serah terima tugas ini sebagai tindak lanjut dari pengunduran diri saya sebagai menteri dan penunjukan Ibu Armida Salsiah Alisjahbana oleh presiden sebagai plt menteri sampai penetapan menteri baru oleh presiden terpilih dalam bulan Oktober 2014 ini," kata Muhaimin Iskandar di Kantor Kemenakertrans, Jakarta, Senin (6/10/2014).

Muhaimin mengatakan bahwa selama menduduki jabatan sebagai menakertrans, fluktuasi demo dalam lima tahun lalu kalau dibanding sekarang jauh menurun drastis. Isu hubungan industrial yang paling sensitif sudah tertangani, seperti usulan perubahan Undang-Undang Nomor 13, outsurcing, sampai dengan hubungan serikat pekerja dengan asosiasi pengusaha yang sangat kuat di era demokrasi ini.

"Isu pengupahan dan penetapan upah minimum sudah hampir bisa diatasi dengan penguatan dewan pengupahan daerah dan tinggal tuntutan serikat pekerja yang ingin tetap menuntut 84 poin dari 60 poin yang akan menjadi rujukan survei dalam penetapan KHL," katanya.

Muhaimin menambahkan isu outsourcing pun telah terselesaikan dengan permen terbaru, yaitu Permenaker Nomor 19 Tahun 2012 yang membatasi lingkup pelaksanaan pola hubungan kerja outsourcing dan kontrak kerja.

"Awalnya, Apindo dan para buruh sangat marah dan cukup bergejolak. Namun, akhirnya alhamdulillah Permen 19 ini diterima oleh dua pihak dengan puas. Tinggal diperlukan segera penyempurnaan pada aspek aturan turunannya," tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: