Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Gandeng IPB Lakukan Riset Keuangan Syariah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menekankan pentingnya dukungan riset dan keterlibatan universitas dalam penyiapan SDM berkualitas untuk menjaga kesinambungan pengembangan sektor keuangan syariah sehingga berkontribusi lebih besar bagi pembangunan ekonomi nasional.

"Sebagai industri yang relatif baru bertumbuh, industri keuangan syariah nasional perlu ditopang oleh fungsi riset dan pengembangan yang berkualitas. Hal ini dilakukan agar produk dan jasa keuangan syariah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam, berdaya saing, dan memiliki efisiensi yang baik. Pada akhirnya dapat berkontribusi secara optimal untuk perekonomian nasional," ujar Deputi Komisioner Bidang Pengawasan Perbankan I OJK Mulya E Siregar di Gedung Radius Prawiro, Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Atas dasar itu, menurut Mulya, OJK berinisiatif untuk melakukan Forum Riset Keuangan Syariah (FRKS) 2014 dengan menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai host university. FRKS ini akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Oktober 2014 di IPB Dramaga, Bogor, yang mengambil tema Mewujudkan Industri Keuangan Syariah yang Efisien, Berdaya Saing, dan Berkontribusi Lebih Besar dalam Pembangunan Ekonomi Nasional.

"OJK memandang penting berbagai upaya untuk meningkatkan minat dan kualitas riset keuangan syariah di kalangan peneliti dan akademisi yang saat ini mulai bertumbuh, namun masih belum maksimal. Selain itu, kami ingin regulasi berdasarkan research based policy. Regulasi tidak mungkin tanpa riset terlebih dahulu," imbuh Mulya.

Sementara it,u Rektor IPB Herry Suhardiyanto menyambut baik ajakan OJK untuk berkolaborasi dalam FRKS 2014.

"IPB telah memiliki program studi ekonomi syariah di fakultas ekonomi dan manajemen. IPB juga aktif melakukan penelitian, seminar, kerja sama kelembagaan, dan pengembangan pengajaran di bidang ekonomi dan keuangan syariah," papar Herry.

Penunjukan IPB sebagai host university ini diharapkan menjadi centre of excelent dalam penelitian dan keuangan syariah di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: