Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP Perkuat Kemandirian Desa Lewat Penyuluh

Warta Ekonomi -

WE Online, Bogor - Desa telah berkembang dalam berbagai bentuk, maka perlu dilindungi dan diberdayakan agar menjadi kuat, maju, mandiri dan demokrasi, sehingga dapat tercipta landasan yang kokoh dalam menyelenggarakan roda pemerintah dan pembangunan menuju masyarakat adil, makmur dan sejahtera.

Demikian isu yang dibahas dalam Seminar Nasional Penyuluhan Perikanan dengan tema "Peran Penyuluh Perikanan dalam Pengembangan Kelautan dan Perikanan Melalui Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa" di Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/10/2014).

Seminar tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) Kementerian Kelautan Perikanan bertempat di STP Jurusan Penyuluhan Perikanan, Cikaret Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

"Dalam rangka mendukung implementasi Undang- Undang tersebut utamanya tentang peran strategis desa dalam berkontribusi pada upaya pencapaian kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat kelautan dan perikatan," kata Regen Panjaitan selaku Ketua Panitia Seminar.

Regen mengatakan, berbagai upaya untuk mengembangkan desa dimaksud secara partisipatif didasarkan pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa telah dilakukan selah satunya melalui pendampingan oleh penyuluh perikanan.

Dikatakannya, Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jurusan Penyuluh Perikanan, sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan memiliki peran strategis dalam menguatkan kemandiri masyarakat desa di masa saat ini.

"Oleh karena itu, seminar nasional ini kami selenggarakan, tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada calon-calon penyuluh mengenai tugas dan fungsi mereka. Bagaimana mendorong mereka untuk berperan dalam memperkuat kemandirian desa, khususnya desan kelautan dan perikanan," katanya.

Seminar akan dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan SDM KP Dr. Suseno Sukoyon dan menghadirkan sejumlah pemateri diantaranya, Ketua Yayasan Damandiri Prof.Dr.H.Haryono Suyono, PhD, MA, Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kementerian Dalam Negeri Ir.H.Tarmizi A. Karim, M.Sc.

Hadir pula sebagai pembahas Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB Dr. Arief Satria, Kepala Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Dr. Ir. Rina, M.Si, dan Penyuluh Perikanan Teladan Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan Ahmad Rukbi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: