Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Setuju Penghentian Impor Gula

Warta Ekonomi -

WE Online, Jember - Presiden terpilih Joko Widodo menyatakan dirinya setuju untuk menghentikan impor gula jika impor itu kerap merugikan bagi petani.

"Kalau memang merugikan petani dan gula di Indonesia cukup, gampang saja, kita setop impor gula," kata Jokowi saat berdialog dengan petani tebu di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (7/10/2014).

Sebelumnya, Ahmad, petani asal Blora, Jawa Tengah, meminta mantan Wali Kota Surakarta itu menghentikan kebijakan mendatangkan gula dari luar negeri karena hal tersebut telah membuat gula milik petani tidak laku. Selain soal gula impor, pada kesempatan itu Jokowi juga mendengar banyak keluhan dari para petani. Mulai dari harga gula yang rendah hingga hal yang berurusan dengan rendemen tebu.

Rupiah, petani asal Semboro, Jember, mengemukakan harga gula milik petani di pasaran tidak bisa mencapai harga patokan petani (HPP) sebesar Rp 8.500,00. Kemudian Rozi, petani asal Kabupaten Lumajang, mengingatkan Jokowi tentang pentingnya meremajakan mesin-mesin tua yang kini ada di sejumlah pabrik gula (PG) karena hal itu berpengaruh pada hasil produksi gula.

Karena mesin yang sudah tua, kata dia, dalam satu kuintal tebu dengan rendemen sekitar tujuh persen, petani hanya bisa menghasilkan lima kilogram gula.

"Bayangkan Bapak, dari satu kuintal tebu hanya mendapatkan lima kilogram gula. Kalau mesin bagus, hasil yang kami dapatkan pasti tidak serendah itu," katanya.

Mendapatkan keluhan itu, Jokowi mengemukakan bahwa dirinya bersama dengan Jusuf Kalla dilantik akan segera menghitung persoalan yang berkait dengan tebu dan gula, termasuk kemungkinan subsidi untuk petani tebu. Ia mengemukakan kedatangannya ke Kabupaten Jember saat ini untuk mengetahui secara langsung persoalan yang dihadapi rakyat dari kalangan petani tebu.

"Saya ke sini untuk mendengarkan keluhan dari panjenengan semua. Dengan begini, saya tahu persoalan petani apa dan bapak ibu sekalian pasti juga punya solusi," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: