Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag Hadirkan Layanan 'Business Matching' di Ajang Arena 'Trade Expo Indonesia'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Sebagai pameran bertaraf internasional dengan konsep business to business (B2B), Trade Expo Indonesia (TEI) 2014 menghadirkan business matching sebagai salah satu layanan TEI.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memfasilitasi one-on-one meeting antara peserta pameran dan pebisnis mancanegara untuk bertemu rekan bisnis masing-masing sesuai dengan bidang usahanya. Di samping memperoleh kemudahan dalam mendapatkan rekan bisnis, business matching dapat meningkatkan jejaring bisnis antarnegara serta dapat mengetahui lebih mendalam tentang produk-produk yang diminati pembeli mancanegara.

Pada hari pertama pembukaan sekitar 42 orang pengusaha asal Mumbai, India, telah bertemu dengan counterparts-nya di Indonesia untuk membicarakan kerja sama bisnis di Hall D2, JIExpo Kemayoran.

Adapun produk-produk yang diminati para pengusaha tersebut antara lain produk suku cadang kendaraan bermotor, makanan dan minuman olahan, furnitur, produk kesehatan dan kecantikan, hasil pertanian, produk karet, produk tekstil, aneka kerajinan tangan tradisional, produk medis dan farmasi, kayu daur ulang, kayu solid, serta minyak dan gula kelapa.

Sedangkan, produk-produk yang berhasil untuk menarik pengusaha asal India guna melakukan pemesanan adalah produk makanan olahan berupa makanan ringan, produk spa berupa massage oil, produk hasil hutan berupa getah damar, betel nut, serta produk kecantikan dan perawatan tubuh berupa kapas pembersih wajah dan kapas pembersih telinga.

Diestimasikan, nilai transaksi potensial dari program business matching delegasi India di hari pertama TEI 2014 lebih dari USD 145 ribu.

Memasuki hari kedua, sebagian anggota delegasi asal India masih akan mengunjungi pameran untuk melihat dan melakukan kontrak bisnis dengan peserta lainnya. Sementara itu, tak kurang dari 90 pebisnis yang berasal dari Malaysia, Australia, Kanada, Jepang, Azerbaijan, Finlandia, Filipina, Singapura, Polandia, dan Lithuania, pada hari kedua TEI 2014 akan bertemu dengan calon partnernya.

Diharapkan, sedikitnya 300 pebisnis mancanegara dari lebih 35 negara di dunia yang ikut dalam kegiatan business matching akan membicarakan kerja sama bisnis dengan mitra pengusahanya di Indonesia. Sejumlah negara yang dipastikan melakukan business matching adalah Bahrain, Kamerun, Finlandia, Yunani, Madagaskar, Inggris, Estonia, Yordania, Papua Nugini, Meksiko, Kanada, Amerika Serikat, Aljazair, Etiopia, Jepang, Afrika Selatan, dan Sri Lanka.

Hingga hari ini TEI 2014 dikunjungi oleh lebih dari 14.000 pengunjung yang berasal dari sedikitnya 100 negara. Produk yang diminati dalam TEI 2014 kali ini seperti home decoration, tekstil dan produk tekstil, furnitur kayu, serta produk agrikultur.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: