Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meriahkan 'Trade Expo Indonesia 2014', BRI Kirimkan UMKM Binaan Terbaik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank BRI turut memeriahkan Trade Expo Indonesia 2014 di Jakarta International Expo dari tanggal 08-12 Oktober 2014 dengan cara mempromosikan layanan trade finance BRI dan mengikutsertakan nasabah UMKM binaan BRI untuk memamerkan produk-produknya yang mempunyai pasar sasaran ekspor.

Corporate Secretary Bank BRI Budi Satria mengatakan pengusaha UMKM yang akan ditampilkan bergerak dalam berbagai jenis usaha, mulai dari produk kreatif, fesyen, kerajinan tangan, home decor, dan sebagainya.

"Antara lain ada kerajinan tas, kerajinan kain, ukiran dan patung kayu, serta tas kulit buaya," katanya dalam rilis pers yang diterima redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Bank BRI memang membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi nasabah UMKM BRI yang berkeinginan untuk memperluas pasar produknya, termasuk ekspor ke beberapa negara. Lebih lanjut, Budi menjelaskan pengembangan UKM harus dilakukan menyeluruh, mulai dari pelatihan dan pendampingan usaha sampai dengan penciptaan peluang bisnis.

Salah satunya adalah dengan memfasilitasi pemasaran melalui optimalisasi jaringan bisnis di dalam dan di luar negeri agar pelaku usaha bisa semakin cepat menangkap peluang usaha.

"Trade Expo Indonesia merupakan program tahunan dari Kementerian Perdagangan. Melalui event ini, Bank BRI berkesempatan untuk memperkenalkan produk-produk dari delapan mitra binaan dan nasabah UMKM serta memperkenalkan produk-produk BRI," ujar Budi.

Penyelenggaraan TEI selama ini telah memberikan dampak positif bagi peningkatan ekspor nonmigas dan jasa Indonesia. Sebagai gambaran, berdasarkan data Kementerian Perdagangan, pada penyelenggaraan TEI yang ke-28 tahun 2013 dinilai berhasil dengan nilai transaksi dagang mencapai USD 1,28 miliar atau naik sebesar 82% dibanding total transaksi dagang tahun sebelumnya.

TEI 2013 dihadiri oleh 9.343 buyer dan investor luar negeri yang berasal dari 14 negara, antara lain dari Jepang, Inggris, Taiwan, Australia, Rusia, India, Mesir, Persatuan Emirat Arab, Nigeria, Thailand, Brasil, Korea Selatan, Hungaria, dan Afrika Selatan; serta diikuti oleh 1.511 peserta dengan berbagai produk antara lain produk pertanian, furnitur, otomotif dan komponennya, kopi, makanan dan minuman, tekstil dan produk tekstil, listrik dan produk elektronik, barang-barang kebutuhan rumah tangga, rempah-rempah, serta kertas dan produk kertas.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa jelang pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan dimulai akhir 2015 event-event strategis seperti Trade Expo Indonesia mutlak diperlukan karena sangat membantu dalam mempromosikan produk dalam negeri ke pasar global.

"Selain itu, event-event seperti TEI dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan potensi perdagangan dan investasi yang dimiliki oleh Indonesia," ucapnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: