Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Janji Dukung Peremajaan Sawit Petani Plasma

Warta Ekonomi -

WE Online, Pekanbaru - Presiden RI terpilih Joko Widodo berjanji akan membantu petani untuk meremajakan tanaman kelapa sawit tua yang tidak produktif melalui program revitalisasi perkebunan.

"Nanti akan saya dorong BNI, BRI, Bank Mandiri untuk menuju ke Riau. Untuk bunga pinjaman akan dihitung dulu," kata Jokowi saat berdialog dengan petani sawit Provinsi Riau, Jumat (10/10/2014).

Dalam kesempatan itu Jokowi sempat menanyakan kondisi petani sawit di Riau, kebutuhan biaya peremajaan dan mekanismenya, serta bank yang cocok bagi petani untuk mendanainya. Bahkan, mantan Wali Kota Surakarta itu sempat terkejut mendengar pendapatan petani sawit Riau yang cukup tinggi.

"Dengan harga sawit sekarang Rp 1.500 per kilogram dan panen empat ton, petani bisa mendapat penghasilan kotor Rp 6 juta," kata Rustamari, petani sawit Riau, dari Pekanbaru.

"Wah, sudah kaya juga ya?" jawab Jokowi kepada Rustamari.

Sambil tersenyum, Rustamari mengatakan hal itu baru penghasilan kotor petani dan belum dipotong pengeluaran untuk pupuk. "Walau sudah dipotong pupuk, tapi kan tetap besar juga pak," timpal Jokowi.

Mendengar hal itu, Rustamari kembali tersenyum lebar, "Ya, alhamdulillah pak," katanya. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: