Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Astra Ajak Masyarakat Indonesia Jalankan Hidup Sehat

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Astra mengajak masyarakat Indonesia untuk berkomitmen dalam menjalankan hidup sehat demi masa depan bangsa yang lebih baik, melalui sebuah gerakan yang memanfaatkan media sosial. Caranya adalah dengan mengunggah (upload) foto atau video yang berisi komitmen sehat yang dituliskan di atas kertas ke Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube dengan disertai tanda pagar (hashtag) #generAKSISEHATIndonesia.

Satu foto atau video dengan satu komitmen hidup sehat akan dikonversikan menjadi sebuah aksi sosial yang berarti sebuah kacamata untuk anak Indonesia yang membutuhkan. Kacamata terdiri dari bingkai dan lensa yang ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin berpartisipasi lebih banyak maka cukup mengunggah lebih banyak foto atau video dengan tulisan komitmen yang berbeda-beda.

Kegiatan ini akan berlangsung selama periode 10 Oktober-30 November 2014. Semakin banyak masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan ini berarti akan semakin banyak anak-anak Indonesia yang membutuhkan kacamata bisa dibantu melalui program ini.

Donasi kacamata untuk anak-anak Indonesia yang membutuhkan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November mendatang.

Berdasarkan data riset kesehatan dasar Kementerian Kesehatan tahun 2013, sebanyak 4,6% dari total populasi Indonesia memakai kacamata koreksi refraksi dan lensa mata. Sementara itu, data WHO menyebutkan bahwa 80% dari kasus gangguan penglihatan itu bisa dicegah dan 90% dari kasus gangguan penglihatan diderita oleh masyarakat dari keluarga berpenghasilan rendah.

Dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, apabila tidak ditangani secara sungguh-sungguh maka gangguan refraksi akan berpengaruh pada perkembangan kecerdasan anak. Proses belajar yang terhambat akan mempengaruhi mutu, kreativitas, dan produktivitas pada usia produktif kelak, yaitu usia 15-64 tahun. Di Indonesia dari 66 juta anak usia sekolah (5-19 tahun) sebanyak 10% mengalami gangguan akibat kelainan refraksi. Angka pemakaian kacamata koreksi pun masih rendah, yaitu 12,5%.

Peringatan hari kesehatan nasional ini merupakan bagian dari semangat astra terpadu untuk (SATU) Indonesia, yaitu langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta, dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada maka harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi catur dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: