Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Schroder Indonesia: Pelantikan Presiden Jadi Momentum bagi Pergerakan IHSG

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Schroder Investment Management Indonesia menilai bahwa pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2014 akan menentukan arah pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek indonesia (BEI) ke depannya.

"Pelantikan Presiden-Wapres nanti akan menjadi momentum bagi IHSG BEI untuk pergerakan selanjutnya," ujar Intermediary Business of Schroder Indonesia Liza Lavina di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Menurut dia, saat ini pelaku pasar di industri pasar modal domestik cenderung mengambil posisi wait and see menanti situasi itu. Selanjutnya, pelaku pasar akan mengantisipasi susunan kabinet dalam pemerintahan baru. Selain itu, lanjut dia, pelaku pasar juga menanti kepastian untuk mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Dengan dikuranginya subsidi BBM maka akan membuat ruang fiskal menjadi lebih terbuka untuk mendorong pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

"Infrastruktur yang baik maka akan menekan beban biaya produksi perusahaan. Dengan begitu, kinerja emiten akan menjadi lebih baik," ucap Liza Lavina.

Selain itu, lanjut dia, anggaran subsidi BBM yang dikurangi itu diperkirakan juga dapat menekan defisit neraca berjalan Indonesia yang selama ini menjadi salah satu sentimen negatif bagi pasar saham domestik.

"Defisit pada neraca keuangan harus secara gradual membaik. Dengan begitu, investor asing akan menilai positif Indonesia," katanya.

Kendati demikian, menurut dia, jika nanti kondisinya tidak sesuai dengan ekspektasi, fluktuasi indeks BEI hanya bersifat jangka pendek, karena secara jangka panjang pasar modal masih berpotensi untuk tumbuh. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: