Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Empat Ring Pengamanan Amankan Pelantikan Jokowi-JK

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) akan dilangsungkan pada pagi ini dimulai pada pukul 10.00 WIB di Gedung MPR, Jakarta. Polda Metro Jaya pun menyatakan siap 100% untuk mengamankan acara tersebut.

"Kekuatan Polda Metro Jaya, yaitu 24.815 personel. Kekuatan dibantu Brimob Mabes Polri 400 personel, Brimob 12 Polda sebanyak 2.100 personel, serta dari Kodam Jaya 4.400 petugas," ungkap Kapolda Metrojaya Irjen Pol Unggung di Jakarta, Minggu (19/10/2014).

Lebih lanjut, ia menjelaskan sistem pengamanan akan ada empat lapis, yakni di sekitar Gedung MPR/DPR dan jalan protokol. Personel pengamanan terdiri dari Polri, TNI, dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Sejumlah kendaraan juga disiagakan, yakni barracuda dan watercanon. Dia mengatakan bahwa untuk pembagiannya adalah ring satu diserahkan pada Paspampres. Ring dua, yaitu gedung dan halaman DPR diamankan petugas Polri.

Selanjutnya, ring tiga dibagi menjadi dua, yakni ring tiga A di pintu depan dan ring tiga B di pintu belakang. Sementara pasukan ring empat A, B, dan C akan menjaga sepanjang jalan yang disterilkan, yakni mulai dari Gedung DPR, Semanggi, HI, Istana, hingga Monas. Pasukan antihuru-hara juga disiagakan di depan dan belakang Gedung MPR/DPR.

"Untuk ring tiga A, kami siapkan personel dengan anjing dan pasukan berkuda. Kemudian di belakang pasukan kuda ada Dalmas awal, Dalmas lanjutan, dan kemudian Brimob," tambahnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: