Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Semen Indonesia Bangun Pabrik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Dalam rangka memperbesar cakupannya PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) diketahui akan mulai mengincar wilayah Indonesia Timur, khususnya Papua.

Direktur Keuangan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Ahyanizzama mengatakan perseroan juga tengah melakukan penjajakan di wilayah Aceh, Kalimantan, dan juga Sulawesi.

Hal ini dilakukan perseroan terkait dengan terus meningkatnya permintaan semen di wilayah tersebut. Perseroan rencananya akan membangun pabrik semen di setiap wilayah.

"Tahun 2017 nanti pabrik Rembang dan Indarung selesai. Paling tidak tahun depan sudah mulai kita running untuk pabrik Aceh," katanya di Jakarta, Senin (20/10/2014).

Lebih lanjut, Yani menuturkan bahwa untuk wilayah Aceh, perseroan akan membangun pabrik semen berkapasitas tiga juta ton dan persiapan pembangunan pabrik tersebut diperkirakan akan dimulai pada semester II-2015 mendatang.

"Kapasitasnya nanti sebesar tiga juta ton. Lebih besar dari pabrik yang akan dibangun di Papua," tambahnya.

Menurut Yani, saat ini perseroan masih dalam tahap pencarian lahan untuk membangun pabrik berkapasitas tiga juta ton tersebut. Adapun, investasi ditaksir setara dengan nilai investasi pembangunan pabrik semen Indarung VI yang menelan biaya investasi sebesar Rp 3,5 triliun untuk kapasitas tiga juta ton per tahun.

"Sumber pendanaannya nanti kami akan menggunakan fasilitas pinjaman dari perbankan karena fasilitas pinjaman kami masih memadai," ujarnya.

Dalam kesempatan ini Yani juga menyebutkan bahwa diproyeksikan kebutuhan semen nasional akan meningkat sebanyak 5-6% dan akan terus meningkat setiap tahunnya dengan banyaknya proyek pembangunan infastruktur dan properti.

"Pertumbuhan permintaan sebesar 5-6% untuk tahun depan maka dari itu kami berusaha untuk terus memenuhi kebutuhan dengan terus membangun pabrik," tukasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: