Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin: Tidak Ada Perbaikan Signifikan, Pemain Logistik RI Tidak Siap Tempur!

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia khawatir para pemain logistik Indonesia akan menjadi penonton di negara sendiri dalam menghadapi agenda ASEAN Economic Community (AEC) 2015 yang akan datang.

Wakil Ketua Urusan Bidang Logistik Kadin Carmelia Hartoto menilai bahwa selama satu dasawarsa atau sepuluh tahun terakhir belum ada perbaikan signifikan dari sistem logistik nasional.

"Logistik nasional masih terbilang boros, meskipun kontribusinya terhadap PDB sangat tinggi, yaitu mencapai 25% dari tahun 2013. Tetapi, dalam struktur penjualan atas biaya logistik nasional mencapai 16%," kata Carmelia di sela-sela peluncuran kegiatan Indonesia Transport, Supply Chain, and Logistics (ITSCL) & Intralogistics (ILI) di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Meskipun selama tiga tahun terakhir daya saing logistik meningkat, tetapi biaya logistik tidak mengalami penurunan. Ia pun membandingkan sistem logistik Indonesia dengan empat negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand di mana keempat negara tersebut memiliki sistem logistik yang lebih baik di kawasan ASEAN.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: