Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemensos: Tidak Ada Cerita Rakyat Kelaparan Karena Kekeringan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Sosial sudah mengedarkan surat kepada pemerintah daerah untuk memaksimalkan cadangan beras guna mengatasi dampak kekeringan.

"Kita tidak lepas tanggung jawab, tidak ada cerita rakyat kelaparan karena kekeringan atau bencana alam lainnya," kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial Margowiyono di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Dia mengatakan sebenarnya tidak ada masalah dengan persediaan beras karena pemerintah daerah bisa mengeluarkan cadangan beras. Bupati atau wali kota memiliki kewenangan untuk mengeluarkan cadangan beras sampai 100 ton sedangkan gubernur hingga 200 ton. Selebihnya jika tidak mampu lagi diatasi oleh daerah maka pemerintah pusat akan turun tangan.

"Saat ini cadangan beras sudah dikeluarkan terutama di daerah yang mengalami dampak kekeringan seperti wilayah Indonesia timur," tambah Margowiyono.

Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata sebanyak 86 kabupaten/kota di 20 provinsi di Indonesia dilanda kekeringan akibat musim kemarau. Dari 20 provinsi itu, daerah yang paling banyak mengalami kekeringan yaitu Provinsi Jawa Barat sebanyak 18 kabupaten/kota.

Sementara di Provinsi Nusa Tengara Timur mencapai 15 kabupaten/kota, Jawa Timur 13 kabupaten/kota, Nusa Tenggara Barat sembilan kabupaten/kota serta empat kabupaten/kota di Yogyakarta, dan beberapa provinsi di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang dilanda kekeringan. (Ant)

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: