Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hasil Studi: Yoga Juga Bermanfaat untuk Lawan Penyakit Ini

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Saat ini tidak sedikit orang yang melakukan latihan yoga. Mereka sadar bahwa latihan yoga mampu meningkatkan kesehatan, namun studi baru menemukan bahwa latihan yang memiliki sedikit efek samping ini ternyata bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan.

Loren Fishman MD yang merupakan praktisi yoga sekaligus profesor ahli medis dari Columbia University Medical Center menyatakan Yoga juga sangat membantu untuk mengobati beberapa penyakit. Dikutip dari ABC News, Selasa (21/10/2014), berikut adalah manfaat lain dari praktik yoga yang berhubungan dengan pengobatan penyakit, yaitu

Sembuhkan Nyeri Sendi dan Otot

Rajin yoga seminggu dua kali efektif mengurangi nyeri punggung. Demikian hasil riset yang dirilis peneliti dari West Virginia University pada 2009. Orang yang rutin yoga juga lebih sedikit berisiko terserang depresi. Sementara itu, penelitian di 2013 menunjukkan fakta yoga baik dalam hal mengurangi nyeri sendi dan otot.

Lawan Insomnia dan Kelelahan Berat

Yoga membantu orang-orang yang bermasalah dengan tidur mereka dan bagi wanita menopause yoga bagus untuk mengurangi insomnia. Bagi orang yang kelelahan setelah menyetir mobil dalam waktu lama disarankan untuk melakukan beberapa gerakan dasar yoga,setelah ia sampai di tujuan. Hal ini dipercaya akan membuat tubuh mereka segar setelah bepergian jauh.

Bantu Penyembuhan Kanker Payudara

Yoga memang tak dapat sembuhkan kanker payudara, namun penelitian membuktikan kegiatan ini dapat membantu pasien mengurangi efek samping radiasi dan kemoterapi. Penelitian terbaru dari MD Anderson Cancer Center menyebutkan pasien yang melakukan yoga tiga jam seminggu bisa menurunkan level hormon stres-nya. Sementara itu, studi lain dari Ohio State University menyatakan orang yang selamat dari kanker payudara kemudian mengambil kelas yoga seminggu dua kali akan jauh dari bahaya kelelahan akut.

Menormalkan Tekanan Darah

Melakukan yoga dua atau tiga kali seminggu cenderung membuat tekanan darah turun, demikian hasil riset yang ditulis University of Pennsylvania pada tahun 2013. Rata-rata tekanan darah partisipan turun dari 133/80 ke 130/70 dalam enam bulan. Loren juga mengatakan yoga membantu meningkatkan mood positif pada orang yang melakukannya.

"Pelaku yoga biasanya akan mendapat keuntungan fisik, mental, dan spiritual," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: