Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ahok Inginkan Deputi Gubernur Jadi Wakilnya

Warta Ekonomi -

WE Online - Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menginginkan Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Sarwo Handayani dilantik sebagai Wakil Gubernur .

"Kalau boleh memilih, saya ingin Sarwo Handayani karena bisa langsung bekerja, beliau paling senior sudah tahu semua persoalan, jadi kencang," kata Basuki di Jakarta, Selasa.

Saat ditanya apakah bisa memilih sendiri wakil gubernur, sosok yang akrab disapa Ahok itu mengatakan tergantung penafsiran siapa, kalau menurut saya bisa, tapi tafsiran Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik tidak bisa.

Ia mengatakan, berdasarkan penafsiran Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik, Wakil Gubernur tidak bisa menjadi Gubernur DKI Jakarta dan tetap jadi Pelaksana Tugas Gubernur.

"Jadi yang akan dilakukan oleh DPRD itu nantinya memilih kembali gubernur DKI Jakarta pengganti Joko Widodo dan saya tetap jadi wakil," kata dia.

Padahal, menurut Ahok DKI Jakarta merupakan daerah khusus dimana jika DPRD tidak mau melantiknya sebagai Gubernur hal itu akan diambil alih oleh Presiden dan Menteri Dalam Negeri untuk menetapkannya sebagai Gubernut definitif.

Menurut dia, kalau mau memperdebatkan soal aturan penetapan Gubernur oleh DPRD, ia merupakan mantan anggota Badan Legislator di DPR selama dua tahun yang juga memahami aturan.

Berdasarkan Peraturan Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 yang dikeluarkan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Pasal 174 ayat (2) dan (4) tertulis DPRD berhak menentukan siapa gubernurnya bila kepala daerah berhenti atau diberhentikan berdasar putusan pengadilan.

Terkait Perpu tersebut menurut Ahok hanya relevan diterapkan di daerah lain mengingat DKI Jakarta daerah khusus, lagi pula jika demikian maka Yogyakarta dan Aceh juga harus diterapkan aturan yang sama.

Saat ditanya apakah sebenarnya ia ingin memiliki wakil Gubernur, Ahok menjawab dimana-mana jika ada wakil lebih enak, tapi syaratnya membantu pekerjaan, kalau hanya mengganggu tidak usah.(Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: