Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK: Ekonomi Syariah Bisa Jadi Sistem Ekonomi Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktur Departemen Komunikasi Otoritas Jasa Keuangan Ahmad Iskandar mengatakan perbankan syariah berkembang pesat di Indonesia dalam tiga tahun terakhir karena masyarakat semakin memahami mengenai keunggulan sistem ekonomi syariah.

"Pada 2007 tercatat hanya tiga juta nasabah, sementara berdasarkan data terakhir tahun 2012 sudah mencapai 13 juta nasabah. Capaian ini salah satunya karena sosialisasi yang cukup gencar untuk memunculkan kesadaran masyarakat," kata Ahmad dalam seminar Sosialisasi Peran OJK dalam Perbankan Syariah di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Ia mengemukakan kalangan perbankan syariah membutuhkan waktu untuk memperkenalkan sistem bagi hasil ini, meskipun Indonesia menjadi negara muslim terbesar di dunia yakni mencapai 83 persen dari 230 juta jiwa. Hal ini terjadi karena masyarakat telah akrab dengan bank konvensional membagi keuntungan dalam bentuk bunga atau bukan bagi hasil.

"Sebenarnya, ide untuk membangun perbankan syariah sudah ada sejak tahun 90-an, tapi baru terealisasi tahun 2007 karena betapa hebatnya perbankan konvensional pada era itu," kata dia.

Namun, ia melanjutkan bahwa seiring dengan perubahan sistem perekonomian dunia membuat sistem ekonomi syariah mendapatkan tempat di beberapa negara. Indonesia sebagai negara berkembang mulai melirik sistem ekonomi syariah ini tepatnya setelah mengalami masa sulit ketika dilanda krisis moneter tahun 1998.

Kejatuhan itu menyadarkan berbagai pihak mengenai buruknya sistem ekonomi orde baru yang hanya memberikan akses kepada segelintir orang (kalangan konglomerat).

"Modal dari bank pemerintah kemudian setelah besar mendirikan bank sendiri. Lalu mengumpulkan dana dari masyarakat (dana pihak ketiga) dan pinjaman luar negeri," kata dia.

Ia tak membantah fatwa Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan bahwa bunga bank adalah riba juga sangat berpengaruh dalam upaya menyadarkan masyarakat mengenai keberadaan perbankan syariah.

"Jika kesadaran terhadap baiknya sistem ekonomi syariah ini semakin tinggi maka bukan tidak mungkin menjadi sistem ekonomi negara kita pada masa mendatang," ujar dia. (Ant)

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: