Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tiga Pilar Sejahtera Anggarkan Capex Rp 1 Triliun Tahun Depan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) akan menganggarkan dana belanja Rp 1 triliun atau meningkat 49,7% dibandingkan capex pada tahun ini yang dipatok di angka Rp 676 miliar.

Direktur Keuangan Tiga Pilar Sejahtera Food Sjambiri Lioe mengatakan bahwa sebagian besar dana capex tahun depan akan digunakan untuk ekspansi di segmen bisnis beras di wilayah Sumatera.

"Sebelumnya, Tiga Pilar membidik wilayah Jawa Timur untuk pembangunan pabrik. Namun, setelah melewati proses pengkajian pabrik dipindahkan ke Sumatera karena akan lebih menguntungkan petani di sana," ujarnya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan sebanyak Rp 400 miliar hingga Rp 500 miliar akan digunakan untuk pembangunan pabrik penggilingan kelima dan keenam di wilayah Sumatera. Di samping itu pemegang merek snack Taro ini juga mengalokasikan dana sekitar Rp 150 miliar untuk perluasan pabrik Taro di wilayah Jawa Tengah. Perseroan akan mendatangkan tiga mesin baru guna meningkatkan volume makanan ringan tersebut.

Sedangkan, sekitar Rp 250 miliar akan digunakan untuk pengembangan bisnis kebunnya. Perseroan akan memperbesar aset perkebunan kelapa sawitnya dengan menambah lahan kebun sekitar 8.000 ha di wilayah Sumatera melalui mekanisme anorganik atau akuisisi. Sementara, Rp 100 miliar sisanya akan dialokasikan untuk pengembangan bisnis makanan lainnya.

Terkait dengan sumber pendanaan, Tiga Pilar akan mengandalkan kombinasi antara kas internal dan sumber pendanaan pihak eksternal. Mengacu pada laporan keuangan perseroan periode Juni 2014, perseroan memiliki kas dan setara kas sebesar Rp 146,8 miliar atau meningkat 63,87% ketimbang posisi kas dan setara kas di periode yang sama tahun lalu Rp 89,58 miliar.

Sementara rasio antara pinjaman terhadap ekuitas perseroan atau debt to equity ratio (DER) per Juni 2014 berada di level 1,20 kali, sedangkan di enam bulan pertama tahun lalu DER Tiga Pilar berada di level 1 kali.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: