Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DPR: Kabinet dan Alat Kelengkapan Dewan yang Belum Jelas Hambat Program Kerja!

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Tiga hari pasca-pelantikan Presiden, Joko Widodo belum juga mengumumkan nama-nama menteri yang akan duduk di dalam kabinet pemerintahannya.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan bahwa meskipun berpijak pada Undang-Undang Kementerian Negara bahwa presiden memiliki batas waktu selambat-lambatnya 14 hari setelah pelantikan untuk mengumumkan nama-nama menterinya, namun ia berharap agar Jokowi segera mengumumkan anggota kabinetnya.

"Memang, setiap pergantian presiden masalah penetapan kabinet menjadi bagian tidak terpisahkan. Untuk itu, seluruh masyarakat pasti akan menunggu keputusan presiden manakala dia termasuk di dalam posisi menentukan postur kabinet," kata Taufik di Gedung DPR, Jakarta ,Rabu (22/10/2014).

Selain pengumuman kabinet yang masih misteri, Taufik juga mengkritisi partai-partai koalisi pendukung pemerintah yang belum menyerahkan nama-nama untuk pembentukan alat-alat kelengkapan dewan.

"Pidato Jokowi pada saat pelantikan ingin segera melakukan proses kerja, kerja, kerja, maka harus diimbangi parlemen. Bagaimana mungkin kerja, kerja, dan kerja kemudian di sisi lain alat kelengkapan dewan belum terbentuk?" tambahnya.

Sebelumnya, mengenai kapan pengumuman menteri-menteri kabinetnya, Presiden Jokowi mengatakan ia ingin melakukan secepatnya. Tidak menutup kemungkinan kalau bisa hari Rabu kemarin. Jokowi menegaskan ia ingin bekerja cepat. Namun, tidak hanya sekedar cepat, tetapi juga harus tepat untuk menghindari kekeliruan.

"Nanti kalau sudah diumumkan kan maunya semua kerja cepat, tapi kalau keliru bagaimana. Cepat, tapi benar gitu loh," kata Jokowi.

Yang pasti, lanjut Jokowi, ia akan segera mengumumkan struktur kabinet dan nama-nama menterinya segera setelah semuanya jelas.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: