Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Sumbar: Ada Tujuh Bank yang Tutup di Sumbar

Warta Ekonomi -

WE Online, Padang - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan bahwa sepanjang tahun 2014 ini ada tujuh kantor cabang bank umum yang menutup operasionalisasinya di daerah tersebut.

Pengawas Bank Senior Perwakilan OJK Sumbar Bob Haspian mengatakan penutupan tujuh kantor bank (KCP, kantor kas, dan payment point) itu didasari atas pertimbangan bisnis bank yang tidak optimal di beberapa daerah.

"Penutupan itu karena memang permintaan bank yang bersangkutan. Murni pertimbangan bisnis mereka. Tidak ada kaitannya dengan likuidasi," katanya di Padang seperti dikutip Bisnis.com, Rabu (22/10/2014).

Dia menuturkan penutupan itu atas persetujuan dan permintaan bank yang bersangkutan. OJK hanya mengawasi aksi penutupan tersebut agar tidak sampai merugikan nasabah.

"Concern OJK adalah mengawasi penyelesaian bank dengan nasabah. Mau dialihkan ke mana nasabahnya, apa langsung ke kantor cabang, misalnya. Jangan sampai mereka ini dirugikan," ujar Bob.

Menurutnya, saat ini situasi ekonomi di Sumbar bahkan secara nasional belum menguntungkan industri perbankan. "Untuk itu, OJK meminta perbankan melakukan kajian kelayakan yang selektif sebelum mengajukan pembukaan kantor baru," pungkasnya.

Sekadar informasi, data OJK Sumbar per Agustus 2014, jumlah kantor bank di daerah itu mencapai 347 unit kantor cabang pembantu (KCP), 84 unit kantor cabang, dan satu kantor pusat.

Rinciannya, 305 unit KCP bank umum konvensional dan 42 unit bank syariah. Untuk kantor cabang sebanyak 68 unit bank konvensional dan 16 unit bank syariah.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: